Rabu, 29 Desember 2010

Kista

Kista adalah tumor jinak di organ reproduksi perempuan yang paling sering ditemui. Bentuknya kistik, berisi cairan kental, dan ada pula yang berbentuk anggur. Kista juga ada yang berisi udara, cairan, nanah, ataupun bahan-bahan lainnya.
Kista termasuk tumor jinak yang terbungkus selaput semacam jaringan. Kumpulan sel-sel tumor itu terpisah dengan jaringan normal di sekitarnya dan tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lain. Itulah sebabnya tumor jinak relatif mudah diangkat dengan jalan pembedahan, dan tidak membahayakan kesehatan penderitanya.
Berdasarkan tingkat keganasannya, kista terbagi dua, yaitu non-neoplastik dan neoplastik. Kista non-neoplastik sifatnya jinak dan biasanya akan mengempis sendiri setelah 2 hingga 3 bulan. Sementara kista neoplastik umumnya harus dioperasi, namun hal itu pun tergantung pada ukuran dan sifatnya.
Selain pada ovarium kista juga dapat tumbuh di vagina dan di daerah vulva (bagian luar alat kelamin perempuan). Kista yang tumbuh di daerah vagina, antara lain inklusi, duktus gartner, endometriosis, dan adenosis. Sedangkan kista yang tumbuh di daerah vulva, antara lain pada kelenjar bartholini, kelenjar sebasea serta inklusi epidermal.


Lima tahun yang lalu aku pernah menderita penyakit ini. dan menjalani operasi pengangkatan kista endometriosis inilah penyakit terberat yang pernah kurasakan,  padahal selama ini aku sangat menjaga kesehatanku dan selalu rutin setiap 6 bulan- 1 tahun sekali melakukan pemeriksaan Pap smear. Sebelum aku divonis memiliki penyakit ini tak pernah kusangka karena waktu itu selama satu bulan aku sakit yang membuat berat badanku turun 6 kilo. sedangkan menurut dokter yang memeriksaku waktu itu menyatakan aku mengalami penyakit ispa.dan telah 3 orang dokter menyatakan hal yang sama. Padahal yang kualami sungguh aneh dengan tiba-tiba perut menjadi keras dan setiap masuk makanan selalu muntah (seperti halnya orang lagi ngidam). Sampailah suatu sore saat saudara tetanggaku datang menjenguk/ nenek tukang pijit tiba-tiba ia mengatakan bahwa aku sedang hamil. 
  
Karena rasa penasaran suamiku saat itupun ia membeli alat testpack. Dan sangat mengejutkan Hasilnya aneh. kedua tanda merah semua. Karena suamiku semakin penasaran malam itu juga ia membawaku ke dokter kandungan. Dan saat itulah dokter begitu kaget melihat hasil USG ku dan tanpa pengobatan lagi, malam itu juga aku langsung dioperasi karena menurutnya kista-ku telah pecah dan sangat berbahaya dan menurutnya juga itulah operasi kista yang terlama yang pernah ditanganinya. Karena kistaku itu telah mengenai ususku, maka harus teliti membersihkannya.

Setelah operasi inilah berat badanku meningkat dalam satu bulan naik 4 kg.Uh... sebalnya...... dan menurut dokter itu merupakan pengaruh obat hormon yang diberikan kepadaku

4 Bulan setelah aku menjalani operasi, tiba-tiba aku mengalami hal yang sama dan kembali ke dokter dengan hasil USG kistaku tumbuh lagi dengan ukuran 4 mm.Inilah saat aku mengalami ketakutan untuk operasi yang ketiga kalinya (yang pertama operasi melahirkan putraku). Dengan doa dan kuasa-Nya, aku diberi tahu kakak iparku di Jakarta. Aku dianjurkan meminum air rebusan kulit kayu pulai putih dan alhamdulillah dalam satu bulan setelah rutin meminumnya aku kembali cek ke dokter dan hasilnya kistaku hilang sama sekali.

2 komentar:

  1. Zit ... ini kisah nya sendiri ya ..? aku ikut prihatin , tapi Alhamdulillah kalo sekarang udah sehat seperti semula, smg tak terjadi lagi, jaga kesehatannya Zit...!!!

    BalasHapus
  2. @Haryanti: ya yan...ini pengalaman pribadiku.....thank doanya...

    BalasHapus

Terima kasih atas kujungannya......