Jumat, 01 Juli 2011

Apotek Hidup di Pekarangan Rumahku

Assalamualaikum Wr Wb.
Bismillahirrohmanirrohim....

       Kali ini aku akan bercerita tentang Apotek Hidup. Selama ini tanpa ku sadari, kalau tanaman-tanaman yang tumbuh di halaman rumah dan di belakang rumahku dapat di sebut dengan apotek hidup. Dan ada pula yang menyebutnya Toga ( tanaman obat keluarga ). Toga adalah berbagai jenis tanaman yang di budidayakan di pekarangan yang bermanfaat sebagai obat bagi keluarga.
       Tanaman-tanaman ini sangat bermanfaat bagi keluargaku dan juga sahabat-sahabat yang membutuhkannya, karena kalau ada yang sakit-sakit ringan maka tanaman-tanaman ini dapat di petik dan dengan sedikit racikan terlebih dahulu. Maka di sini aku akan berbagi sedikit rahasia mengenai manfaat tanaman- tanaman itu :



* Melati *
Melati ini sering kita jumpai pada rangkaian karangan bunga untuk pesta perkawinan dan untuk kematian. Dan mungkin kita tidak tahu, ternyata bunga melati ini dapat juga di gunakan sebagai obat sakit mata. Bunga yang berwarna putih ini baunya sangat harum dan ia dapat berbunga sepanjang tahun. Bunga ini banyak sekali khasiatnya, yaitu sebagai obat demam, sakit mata, sakit kepala, sesak napas, serta kelebihan ASI bagi ibu menyusui. 

* Alpokat * 
Pasti dengan tanaman ini sangat di sukai oleh teman-teman, terutama kalau di buat jus yang dicampur es dan di campur lagi dengan susu cokelat. Wah......uueenaak ! Tapi siapa sangka, daging buahnya yang empuk dan lezat juga bisa di gunakan untuk mengobati sariawan dan melembabkan kulit kering.
Alpokat juga dapat mengobati kencing batu, sakit kepala, nyeri lambung, saluran nafas membengkak ( bronchitis ), sakit gigi, dan juga kencing manis. Sedang daunnya juga dapat untuk menurunkan darah tinggi.





 Belimbing Wuluh * 
Belimbing wuluh ini rasanya asam tapi menyegarkan. Buah ini dapat di gunakan untuk penyedap masakan, dan juga dapat untuk membersihkan noda pakaian. Bahkan juga dapat dipakai untuk mengilapkan perabot yang terbuat dari kuningan. Namun kalau untuk obat,  belimbing ini juga sangat mujarab dalam menyembuhkan berbagai penyakit, misalnya untuk obat batuk, sariawan, sakit perut, batuk rejan, gusi berdarah, sakit gigi berlubang, gondongan (parotitis), rematik. Sedang daunnya juga dapat untuk menurunkan hipertensi ( darah tinggi ).




* Jambu Biji *
Jambu biji ini dapat juga di kenal dengan nama jambu klutuk. Buah jambu ini sangat enak sekali rasanya. Tapi buah ini ternyata bukan cuma buahnya saja yang dapat kita makan, tetapi dari akar, kulit dan batangnya serta daunnya dapat di jadikan obat diare. Selain itu juga dapat menyembuhkan sakit maag, masuk angin, beser, sakit kulit. Luka baru juga dapat di sembuhkan dengan ramuan jambu biji.




* Kembang Sepatu *
Kembang sepatu ini sangat indah bunganya dan berwarna cerah dan dapat juga di jadikan penghias taman. Bahkan di pedesaan, tanaman ini sangat berguna sebagai  pagar hidup. Tanaman ini ada dua jenis warnanya, yaitu merah dan putih, tapi untuk di jadikan sebagai obat lebih bagus yang berwarna putih. Kembang sepatu ini dapat di jadikan obat bisul atau abses dengan cara meremas-remas kembang ini lalu di lumurin pada bisul. Akar-akar dan daunnya dapat di gunakan untuk menurunkan panas atau demam, dan juga untuk panas dalam atau sariawan. Sedangkan rebusan kembang sepatu merah yang sudah di campur dengan santan dan gula dapat di jadikan obat batuk cair.




* Lidah Buaya *
He he...Jangan takut, ini bukan lidah buaya betulan, kok ! Lidah buaya merupakan tanaman yang tumbuh di tempat berhawa panas. Tumbuhan ini dapat di tanam di dalam pot sebagai tanaman hias. Lidah buaya atau aloe vera berdaun panjang dan runcing, tepinya berduri atau bergerigi, sedangkan permukaannya berbintik- bintik. Lidah buaya banyak sekali manfaatnya. Selain terkenal sebagai penyubur rambut, lidah buaya juga sering di pakai untuk mengobati cacingan, luka bakar, bisul, amandel, keseleo dan jerawat.



26 komentar:

  1. bermanfaat ya tanamannya

    BalasHapus
  2. kat malaysia

    belimbing wuluh dipanggil belimbing buluh

    jambu biji dipanggil jambu batu

    kemban sepatu dipanggil bunga raya

    kalau Bunda nak tahu bunga raya adalah bunga kebangsaan malaysia

    BalasHapus
  3. @ lidya : ya mbak..

    @Yatie Awang: wah baru tahu kalau bunga raya merupakan bunga kebangsaan malaysia...tapi di Padang kembang sepatu juga disebut bunga raya lho....

    BalasHapus
  4. banayk banget tanaman TOGAnya Bun,,
    Baru tau kalu Bunga melati bisa buat obat,,,jambu itu bun bikin ngilerr hehehe

    BalasHapus
  5. beberapa tanaman yang lain juga bisa loh bun, kayak rambutan.. kulitnya bisa buat obat diare. trus tapak dara, bisa buat obat kanker dan darah tinggi.. pegagan juga.. banyak sebenernya

    BalasHapus
  6. waaahhh,,,bnyak buahhh...nea maumaumau;))
    klau di pekarangan rumah nea hnya ada rambutan sma lengkeng aja bunda:DDD

    BalasHapus
  7. wah, seperti di rumahku! :) ibuku suka tanaman hias dan obat. sampe penuh. padahal halamannya sempit, hihihihi :))

    BalasHapus
  8. wah....pasti pekarangan rumahnya sejuk banget thu bunda..... kalo aku gak punya pekarangan rumah... ijo2an cuma di halaman rumah, ada pohon matoa ama jambu biji ama beberapa pot bunga... lumayan biar gak gersang2 amat.hehe

    BalasHapus
  9. Bunda, dapat award nih dari saya :) bisa diambil di rumah saya: http://dakapuchino.blogspot.com/2011/07/award-pertama-pengalaman-pertama.html salam blogger bunda :D

    BalasHapus
  10. Asyik ya Bun punya tanaman yang membuat sejuk, asri dan indah sekaligus juga bermanfaat untuk kesehatan...

    Kalau dilihat dari foto-foto bunda, aku yakin halaman Bunda luas banget ;)

    BalasHapus
  11. Senang ya bun punya banyak tanaman yang bikin sejuk sekaligus juga bikin sehat...

    Lihat foto2nya halaman bunda luas banget ya ;)

    Sucses ya Bun...

    BalasHapus
  12. Assalamu'alaikum bunda, akhirnya bisa mengunjungi kebun stroberi bunda neh :D

    Postingan yg menarik bund, selain memperindah pekarangan dgn bunga2an, ternyata melati dan kembang sepatu byk manfaatnya ya..
    Alhamdulillah di pekarangan rumah zasa juga ada kembang sepatu, belimbing wuluh sm lidah buaya :D

    BalasHapus
  13. wah bunda, postingan yang menginspirasi sekali. Sepertinya jadi berminat untuk membuat pekarangan obat sendiri nih. oiya bunda, blog bunda sudah saya follow, ditunggu following back nya ya bunda :). Semoga saya dapat Award dari bunda ya.. he..he

    www.urkhanblog.com

    BalasHapus
  14. Jambu bijinya bun....sudah pengen nanam jambu biji dipekarangan rumah tapi gak memungkinkan...soalnya udah gak ada lagi lahan yg sisa.

    BalasHapus
  15. Bunda rajin sekali, dan terlihat semua tanamannya tumbuh subur dan segar.
    Saya suka sama jambu bijinya bun

    BalasHapus
  16. dirumahnya tanem pokat ya bunda? wahhhh....enak beneerrr!kalo berbuah, bisa nge jus tiap hari dong. hihi
    hm..jadi pengen nih punya apotek hidup dirumah, sayangnya gak bisa, tinggal dtempat rendah jadi resiko kena banjir
    =(

    BalasHapus
  17. lho..kemaren sudah ku balas komen teman2 kok gak muncu ya.. capek deh kalau harus ulang lagi...

    @IbuDini: bisa pakai pot besar aja mbak dg bibit jambu biji bangkok..aku jg punya pohon kedondong dan jeruk kunci cuma pakai kaleng bekas cat yg gede..subur lho...

    @Mulyani: gak rajin2 banget mbak..malah yg labih rajin bapaknya kok..hehehe

    @rezkaocta :ya gak juga...pokatnya cuma berbuah 2x dlm setahun dan itupun udh ramai yg ngambil..kadang malah gak kebagian tuh utk di jus...

    @zasachi :bunda kangen...dah lama banget gak mampir ke blog dan fb bunda ya...
    ternyata sama dong, jd bisa di coba dan di manfaatkan tanaman itu...

    BalasHapus
  18. wah enak sekali ada di pekarangan rumah.....

    BalasHapus
  19. Orang tua dan mertuaku juga suka sekali menanam apotek hidup mbak... Makasih ya sharing informasinya.. beberapa hal baru aku tahu sekarang lho.

    BalasHapus
  20. shasa ikutan mampir ya tante... maaf baru sekarang sempat mampir lagi.

    BalasHapus
  21. ternyata buah alpokat bisa menghilangkan nyeri lambung yah.. baru tahu saya.. berarti kalau lagi terserang itu, saya bisa banyak2 minum jus alpokat pake coklat sama es yg banyak :) hehehee.. segelasnya murah kok.. lohh :(

    BalasHapus
  22. Maaf bunda baru kesini, saya yang p[aling suka apukat sama jambu biji,apalagi jambu biji merah,,,,heeemmm ternyata manfaatnya dahsyat ya bun

    BalasHapus
  23. tfs ya bunda... salam kenal

    www.episodekanaya.blogspot.com

    BalasHapus
  24. Mbah nya fauzan juga paling suka menanam tanaman obat, tapi belimbing wuluh disini gak bisa tumbuh bun ...

    BalasHapus
  25. tanaman obat sekr mulai banyak diminati n jadi income tambahan n dikelola sbg home industri. trims sharenya kawan.

    BalasHapus

Terima kasih atas kujungannya......