Jumat, 11 Maret 2011

Adab Kepada Allah SWT

       Hari ini aku mengikuti Pengajian BKMT tingkat propinsi dan karena aku sangat menyukai dengan materi pengajian yang disampaikan oleh uztad Bahrul Ulum,S.Ag, maka sampai saat ini aku masih saja mengingat apa saja yang telah diberikan kepada kami ibu-ibu madjelis taklim dan dengan ini aku pun ingin berbagi dengan saudara-saudarku di blog ini. Judul dari pengajian ini adalah Adab Kepada Allah.




     Islam merupakan agama yang sangat memperhatikan masalah Adab, yang mana juga merupakan bagian dari Ahlak Islam yang harus dijunjung tinggi oleh setiap orang beriman. Semua ini dapat dilihat pada Al Quran dan As-Sunnah..Hanya saja dalam kehidupan keseharian kita sering kali hanya membatasi adab hanya kepada sesama  manusia saja, padahal adab yang paling utama adalah adab terhadap Allah Swt.
Dibawah ini saya akan menguraikan beberapa adab yang harus dilakukan oleh orang-orang beriman, antara lain adalah :

    1. Ikhlas kepada Allah dalam beramal dengan cara menjaga ibadah agar tidak terjerumus ke dalam kesyirikan maksudnya saat sekarang dalam kehidupan ini begitu banyaknya yang menjadikan berhala-berhala sebagai tandingan/ sekutu disamping Allah. Misalnya apabilla mereka berhasil dalam bisnis,maka mereka akan mempersembahkan kurban untuk Allah dan sebagian lagi untuk berhala dan apabila mereka berdoa maka mereka juga menjadikan berhala-berhala sebagai perantara agar doa-doanya disampaikan kepada Allah dengan anggapan supaya lebih dikabulkan dan lain-lainnya..
" Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan " (Al- An'nam:88)

    2 .Mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah. Seorang muslim yang mempunyai adab yang benar hendaknya merenungi segala nikmat dan karunia dari Allah Ta'ala kepada.kita, karena dialah yang telah memberi kita pendengaran,penglihatan,hati,rizki yang tidak terhitung banyaknya. Manusia tidak akan sanggup menghitungnya meskipun mereka telah menginfakkan hartanya sebesar apapun. Sebagaimana yang dipertegaskan dalam firman-Nya, Subhanahu wa Ta'ala " Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya engkau tidak bisa menghitungnya" (QS.Ibrahim:34). Oleh karena itu kufur nikmat serta ingkar kepada nikmat merupakan peranda tidak beradab kepada Allah.

     3. Mengagungkan dan memuliakan-Nya serta mengagungkan syi'ar- syiar- Nya. kalau kita beriman kepada Allah dengan benar maka pasti kita akan mengagungkan dan memuliakan Allah Ta'ala.  Tatkala seseorang benar-benar mengimani bahwa Allah memiliki sifat-sifat yang sempurna dan bersih dari segala kekurangan, maka tentunya hati orang tersebut akan senantiasa mengagungkan dan memuliakan-Nya dan tidak akan diperkenankan diberikan selain kepada Allah SWT. ini juga terdapat di "Dan mereka tidak menghormati Allah dengan penghormatan yang semestinya".( Al-An'am:91)

     4. Mencintai Allah Ta'ala melebihi dari yang lainnya. Dan ini merupakan adab yang agung. Apabila hamba tersebut telah mengetahui bahwa Allah lah yang telah memberikan segala kenikmatan baginya, maka akan pasti kecintaan kepda Allah lebih di utamakan daripada kepada yang lainnya.

    5. Merasakan pengawasan Allah sangat terasa baik itu dalam keadaan lagi sepi atau lagi ramai.

    6. Menumbuhkan rasa taakut dan rasa cemas dan penuh harap kepada- Nya.

    7. Bertaubat dan kembali kepada-Nya serta meminta ampun hanya kepada-Nya . "Sesungguhnya jikalau mereka ketika menganiaya dirinya datang kepadamu,lalu memohon ampun kepda Allah, dan Rasulpun memohonkan ampun untuk mereka, tentulah mereka mendapati Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang ".(AL-nisa;64)

    8. Berdoa, bersikap merendah diri dan hina di hadapan-Nya . "atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada- Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi ? Apakah di samping Allah ada Tuhan (yang lain)? amat sedikitlah kamu mengingat(Nya)" (Al-Naml:62)

    9. Berprangsangka baik terhadap Allah Ta'ala. Tidak beradab jika seseorang berburuk sangka kepada Allah dan lalu ia melakukan kemaksiatan dan kedurhakaan kepada-Nya, lalu ia mengira bahwa Allah tidak melihatnya dan tidak memberi balasan terhadap dosa-dosanya. Oleh karena itu wajib bagi seorang muslim untuk berbaik sangka kepada Allah. Dan Ia berfirman "Barangsiapa yang taat kepada Allah dan Rasulnya dan takut kepada Allah dan bertakwa kepada-Nya maka mereka adalah orang-orang yang mendapatkan kemenangan" (Q.S. an-nur: 52)

   10. Bersabar atas semua takdir-takdir-Nya  dan membenarkan apa-apa yang diberitakan-Nya dan melaksanakan semua kewajiban yang diperintahkan-Nya.

   11.  Mencintai orang yang dicintai-Nya dan memusuhi orang yang dimusuhi-Nya.

    12. Pasrah, tunduk, dan taat kepada-Nya. Maka tidaklah dikatakan seseorang itu beradab jika ia lari dari Allah padahal ia tidak dapat menghindar dari-Nya dan tidak mempunyai daya upaya sedikitpun, "Tidak ada suatu binatang melatapun melainkan Dialah yang memegang ubun-ubunnya" (Q.S. Hud: 56)

   13. Malu dan waspada untuk berbuat maksiat kepada-Nya, serta menjauhi semua sikap yang bisa mendatangkan murka dan siksa-Nya. Bukan termasuk adab kalau tidak ada rasa takut dan malu seseorang hamba dalam melakukan kepada Tuhannya dan menentangya dengan melakukan dosa dan maksiat kepada-Nya.

    14. Memikirkan betapa besarnya adzab Allah dan betapa kuat balasan dari-Nya

    15. Berhuznuzan kepada Allah terhadap janji yang pasti akan ditepati dan ancaman yang pasti dipenuhi.

Demikianlah beberapa adab kepada Allah yang dapat kusampaikan dari hasil pengajianku hari ini. Semoga kita diberi kekuatan oleh Allah SWT utuk menjaga adab-adab kepada-Nya. Amiin.

37 komentar:

  1. subhanallah, diingatkan kembali bagaimana seorang muslim ber adab kepada Tuhannya..

    kadang sering kali saya merasa kurang ini kurang itu, tapi ternyata kalo dipikir-pikir.. nikmat yang udah diberikan itu jauhh lebih banyak..

    BalasHapus
  2. amiin..makasih bunda, infonya bermanfaat sekali. Aku seakan kembali diingatkan.

    salam

    BalasHapus
  3. @all: alhamdulillah ternyata gak sia-sia aku membuat postingan ini.... makasih untuk semua komentarnya.....

    BalasHapus
  4. saya masih harus banyak belajar agar dapat dekat kepada Allah

    BalasHapus
  5. @r1o: insya Allah dengan dapatnya pelajaran agama lebih banyak kita sama2 akan lebih dekat lagi dengan Allah....

    BalasHapus
  6. Terima kasih mbak... sudah memberikan siraman rohani yang luar biasa.

    BalasHapus
  7. Aku diingatkan kembali nih setelah membaca postingan mbak Zita kali ini. Nice post mbak... I like it.

    BalasHapus
  8. Tante..., ikutan baca2 tauziyahnya ya...?

    BalasHapus
  9. Selamat sore tante..., terima kasih rajin menyemangati Shasa.

    BalasHapus
  10. @catatan kecilku dan the other : terima kasih, mbak reni suka dg postingan ini...dan jd penyemangat bagiku untuk selalu posting dan akan mencoba membuat tentang pengajian yang aku dapati...

    BalasHapus
  11. @ place to study dan jejak langkahku : Shasa sayang....bunda senang deh shasa mau membacanya... moga bertambah ilmu yg shasa dapati...

    BalasHapus
  12. Makin tersadar bahwa keimanan saya masih rendah tak lebih dari seujung kuku. Makasih Bunda atas pencerahannya....

    BalasHapus
  13. info yang sengat bermanfaat, membka mata saya agar lebih dekat kepadaNYA..

    BalasHapus
  14. Amin...trimakasih Bu sudahmau berbagi dengan kami yang masih sedikit sekali ilmunya ^^

    BalasHapus
  15. Rajin ya Bun...Iklas dan bersabar kuncinya.
    Tauziyahnya emang harus di baca karna bagus buat kita

    BalasHapus
  16. Aku pernah baca cerita tentang orang yang seumur hidupnya sama sekali ga pernah berbuat baik, ketika mati orang ini minta supaya jasadnya di bakar hingga jadi abu dan disebar di darat dan laut, supaya Allah tidak bisa menghisabnya..

    kemudian Allah memerintahkan daratan dan lautan untuk mengumpulkan abu orang ini, Allah bertanya "Mengapa kau lakukan itu?" orang ini menjawab "seumur hidupku aku tidak pernah berbuat kebaikan, aku takut Engkau menghisabku dan melemparkan aku ke neraka, aku sangat takut dan Engkau tahu benar ketakutanku" kemudian Allah mengampuninya karena rasa takutnya terhadap Allah..

    BalasHapus
  17. @Noor's blog: sama2 dek,,, dengan ini kita sama2 belajar

    @agung: amiin.... makasih udh dikunjungi ^^

    @hani: selamat datang Hani,,, semoga ilmu yang sedikit ini bermanfaat,,

    BalasHapus
  18. @ IbuDini: alhamdulillah,, moga bermanfaat....

    @ Geafry: wah,, dapat tauziah tambahan nih,,, makasih ya udh dikunjungi,,,

    BalasHapus
  19. wadduh, belum cukup ilmuku ini buat ngasi tausiah bunda, hanya menambahkan sedikit untuk adab kepada ALLAH yang nomer 6. saya follow blognya ya bunda, saya follower nomer 18.

    BalasHapus
  20. @ Geafry N : duh makasih ya..udh diuraikan yg no.6.... bunda benar2 gak ingat wkt itu uraian dr pak ustad.... dan makasih jg sdh jd teman baru bunda....

    BalasHapus
  21. ini kunjungan pertamaku kayaknya...
    salam kenal yah...di undang yah ke rumah persahabatanku http://f4dlyfri3nds.blogspot.com

    BalasHapus
  22. Zita .... loh coment aku ndak ada .... spt nya udah ku coment deh ini postingan ... kalau ndak salah waktu itu blm ada coment ( posisi 0 coment), dan blm ada foto nya juga , jadi krn merasa udah coment makanya aku ndak kesini lagi, khan udah baca postingannya, aku ingat banget waktu itu malam hari bbp menit postingan ini muncul, walau agak lemot jaringanku. dan waktu itu aku tulis komentnya " smg kita menjadi hamba Allah yg slalu taat pada Nya"
    Sorry ya say .... BUKAN aku MALAS berkunjung disini buk...!!! skrg ini aku sempat2 deh BW walau waktunya dikit banget dan internetnya sering lemot. Jgn sedih & nangis donk ...!!!

    BalasHapus
  23. @ Hariyanti : ha ha ha...yan aku gak sedih n nangis deh....mungkin emg ada ganguan....
    ical aja kmrn buat postingan....tp gak muncul2, padahal sudah beberapa x di cobanya...

    BalasHapus
  24. Thanks sharingannya Bunda, skalian ijin link ya

    BalasHapus
  25. Bundaa.. posting pencerahan lagi doonk.. pengen belajar banyak lagi niih ^_^

    BalasHapus
  26. @ IbuDzakyFai: silahkan mbak...

    @ Gaphe :duh...senangnya selalu di kunjungi... InsyaAllah jumat nanti pas pengajian, bunda dapat tauziah yg bagus...pasti di bagiin....

    BalasHapus
  27. nice article..saya suka dg orang2 yg rajin beribadah

    BalasHapus
  28. mampir lagi nih...
    kok belum di update postingnya?
    sudah banyak jamaah yang nunggu ceramahnya nih :)
    mksih atas kunjungannya di rumah persahabatan, dan sebuah pesan dariku bahwa persahabatan itu tak akan pernah memandang namanya usia....

    BalasHapus
  29. 15 adab ini siap dilaksanakan!

    BalasHapus
  30. sangat bermanfaat postingan ini bunda...

    BalasHapus
  31. @ f4dly :bunda mohon maaf...kelewatan ya, tp aku udh dtng kerumahmu lho...knp blum di follow...
    duh...bunda bukan udtadzah lho, jd gak bisa ceramah....

    BalasHapus
  32. @ Sang cerpenis b: Alhamdulillah...ternyata kita sama2 menyukai orang yg rajin beribadah..meski aku sendiri bukanlah sesempurna para ulama...

    @ Tukang Colong :InsyaAllah.....

    @Nit Not : makasih sdh mampir..salam kenal....

    BalasHapus
  33. sangat Berman Faan Artikel Inii ...salam Kenalll

    BalasHapus
  34. @ Terubuk : Syukurlah...makasih sdh berkunjung...

    BalasHapus
  35. seandainya saja saya bisa menjalankan semuanya ...

    BalasHapus
  36. @ Joe : Insya Allah....klu kita ikhlas ingin mencoba...pasti bisa....

    BalasHapus

Terima kasih atas kujungannya......