Sabtu, 26 Maret 2011

Lanjutan Zikir Pembuka Pintu-Pintu Langit

      Hari ini aku akan mulai melanjutkan hasil pengajian yang pernah aku sampaikan jumat lalu mengenai Pembedahan  Zikir. Dan sekarang lanjutannya Bagian Ke Dua yaitu :
SAHADATAIN : Ashaduallailahaillallah Waashaduanna Muhammadar Rasulullah
" Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah Rosullullah ". Kalimah ini merupakan Kalimah Pengakuan, yang maksudnya ia merupakan Ikrar yang wajib di ucapkan oleh siapapun
yang memeluk Agama Islam, dan bagi yang sudah beragama Islam maka Sahadat ini sangat perlu diucapkan agar diri kita tetap mantap dalam berkeyakinan sehingga kita tidak terlena dengan carut marutnya kehidupan di dunia ini.


Karena Sahadat adalah sebagai pondasi awal dalam menahan beratnya jasad yang di jadikan Allah dari tujuh macam bahan yaitu :

1) Pertama Allah menjadikan manusia dari tanah yang dibakar. " Khalaqal insaana min shalshaalin kalfakhar ".Yang artinya : Dia menjadikan manusia dari tanah kering seperti tembikar / tanah tang dibakar  (Ar Rahman  :14)

2). Ke dua : Di ayat diatas disebut "fakhar" yang maksudnya adalah tanah yang mengandung "Zat Arang"

3) Ke tiga : Terdapat di surat Al Hijir, ayat 28 :
" Wa idz qala rabbuka lil malaa'ikati innii khaliqum basyaram min shalshaalim min hamaim masnuun" yang artinya: " Dan ingatlah ketika Tuhan-mu berfirman kepada Malaikat ; Sesungguhnya Aku (Allah) hendak membuat  seorang manusia (Adam) dari pada "tanah kering dan lumpur hitam" yang berbentuk rupa"

4). Ke empat : Ada disurat As Sajadah, ayat 7 :
" Alladzi ahsana kulla syai'in khalaqahu wa bada'a khalqal insaani min thiin". artinya " Yang membuat segala sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya dan Dia memulai kejadian manusia dari tanah".

5). Ke lima : di surat As Shafaat ayat 11 :
" Inna khalaqnaahum min thiniil lazib". artinya:" Sesungguhn ya aku ( Allah) menjadikan manusia dari pada "tanah liat".

6). Ke enam : ada disurat Ali Imran ayat 59 :
" Inna maatsala' iisaa' indallahi kamatsali aadama khalaqahuu minturaabin tsumma qaala lahuu kun fa yakuun" artinya : " Sesungguhnya perbandingan ( kejadian ) Isa di sisi Allah adalah seperti (kejadian) Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya " Jadilah", Maka Jadilah Dia"

7) Ke Tujuh : surat Al Hijir, ayat: 29:
" Fa idzaa sawwaifutuhuu wa mafakhtu fiihi mirr ruuhii" artinya : "Maka setelah Aku ( Allah) sempurnakan ( bentuknya), lalu ku tiupkan ruh-Ku kepadanya ( ruh dari pada- Ku).

Bagian Ke Tiga : BISMILLAHIRROHMANIRROHIM.
Kalimat diatas adalah kalimat pertama yang ditulis di Al Qur'an, dan adalah ayat pertama dari 6666 ayat Al Qur'an .Dan ayat ini terdiri 30 juz dengan jumlah suratnya 114 surat, tiap-tiap suratnya di awali dengan kalimat " BISMILLAHIRROHMANIRROHIM " terkecuali surat " AT TAUBAH " (surat kesembilan). Surat ini sangat baik dibaca didalam  shalat maupun diluar shalat, sedangkan disurat lain kita dianjurkan untuk mambacanya karena Bismilllahirrohim ditulis di setiap permulaan surat  yaitu untuk dibaca dan bukan untuk pembatas surat atau hiasan saja.

Bismillahirrohmanirrohim adalah dasar kasih sayang, karena dalam Islam disebarkan dengan kekuatan kasih sayang. Membaca Bismillahirrohmanirrohim memiliki kenikmatan tersendiri dan satu kekuatan yang maha dahsyat menghantar diri menjadi manusia yang penuh kasih sayang, dan juga sangat baik sekali kita jadikan wirid harian karena didalam Bismillahhirrohmanirrohim terdapat 19 asma-asma Allah yang agung dari 99 " ASMAA- UL HUSNA ".
Yang terkandung di dalam huruf- huruf Bismillahirrohmanirrohim adalah :
1). Asma Allah yang ke 79 " Ya Barru " ( yang maha baik) .
   
Maksudnya barang siapa yang saat memulai pekerjaannya dengan membaca Bismillahirohmanirrohim, maka ia akan mendapat kebaikan dan akan diterima banyak orang, walau pekerjaan itu sedikit tetapi sangat berarti bagi orang lainApabila mengadakan perjalanan jauh baik lewat udara, laut dan darat bacalah Bismillahirrohmanirrohim sebanyak 21 kali ataupun lebih, Insya Allah akan selamat pulang pergi.

2). "SIN" adalah asma Allah yang ke 6, huruf kedua dari Bismillahirromanirrohim "Ya Salam " ( yang memberi keselamatan). Tidak ada manusia yang tidak ingin selamat, apalagi keselamatan adalah pokok utama dalam menjalani kerutinan hidup sehari-hari. Maka dari itu sebelum datang bencana hendaklah kita selalu mendekatkan diri kepada Allah, dan bagi yang menderita penyakit yang sulit disembuhkan maka berzikirlah dengan asma ini semampunya dan usapkan ditempat yang sakit dan lakukanlah berulang-ulang sampai Allah menurunkan ridho -Nya.

3). Huruf ke 3 dari Bismillahirrohmanirrohim adalah asma Allah yang ke 25 " Yaa Mu'izzu". ( yang memuliakan). Asma ini sangat baik sekali bagi  para pemimpin, karena dengan berzikir dengan asma Allah akan memberi kemulyakan, kewibawaan dan kharisma. Sebaiknya diamalkan setiap malam Jum'at dan malam Senin denga hitungan 141 kali. Insya Allah hasilnya dapat dilihat dihati manusia yang telah membacanya, seperti bagaikan getaran hati binatang bila melihat macan.

4). " ALIF" adalah huruf ke 4. Alif ini alif Allah yang lafadhnya disebut " Ismudzdzaat " atau "Jalalah". Alif ini alif mutakallimun wahid yang maksudnya adalah Allah berkata-kata dengan sendirinya tanpa ada aturan dari yang lain. Apabila kita menyebut "Allah", dan alif itu benar-benar masuk ke dalam hati, maka ini akan membuat kita bisa jadi PD ( percaya diri) dan tidak minder. Dan keyakinan yang begitu dalam,sehingga apa yang terasa dihati itulah yang dikatakannya, tidak suka berpura-pura, ambil muka asal orang senang dan punya sinar mata kejujuran.

5). "LAM". Adalah huruf ke 5 dalam Bismillahirrohmanirrohim. Lam ini adalah " Lam Takdi ". Ini menunjukkan Allah itu Maha Kaya, Maha Gagah dan Maha Perkasa. Maka dengan membaca Bismillahirrohmanirrohim Insya Allah akan mendapatkan tiga kekuatan ini.

6)."LAM". Lam kedua dari kata Allah menunjukkan bahwa Allah itu Maha Suci Maha Bersih. Lam ini disebut juga "Lam Zayyida"

7). "HA". Huruf ke 7 dari Bismillahirromanirrohim adalah "Hawiyah". Kalimah dzat,perpaduan dari asma Allah " Alif - Lam- Lam- Ha ". yaitu dzat yang menciptakan tujuh petlah langit dan tujuh lapis bumi beserta isinya. Lafadz inilah yang memiliki selendang kebesaran Allah.

8). "ALIF". Huruf ke 8 dari Bismillahirromanirrohim adalah alif "Ilham" (petrunjuk yang baik). Orang yang memulai pekerjaan dengan Bismillahirromanirrohim, insya Allah akan selalu mendapat petunjuk -petunjuk yang baik dari Allah, sehingga dari pekerjaan satu kepekerjaan yang lainnya selalu mendapat rahmat dari Allah..

9)."LAM". huruf Bismillahirrohmanirrohim yang ke 9 adalah asma Allah ke 31,"Yaa Lathiifu" ( Yang Maha Penyantun). Sangat baik sekali untuk diamalkan agar Allah memberi taufik dan hidayahnya serta mambuka pintu rizki berkat asma- Nya ini.

10). "RO". Huruf ke 10 dari Bismillahirohmanirrohim adalah asma Allah yang ke 2, Yaa Rahman" ( Yang Maha Pemurah). Mengamalkan asma ini menjadikan hati kita terang benderang ,menghapus sifat pelupa dan sifat gugup. dan timbul juga dihati sifat pemurah dan setiap urusan akan di gampangkan oleh Allah.

11) "HA". Huruf ke 11 dari Bismillahirromanirrohim adalah asma Allah yang ke 63. "Yaa Hayyu" ( Yang Maha Hidup). Berzikir dengan asma ini akan mengisi hati dengan kalimah tauhid dan iman, sehingga akan terlepas dari sifat munafik, syirik, dengki, congkak,dendam dan sebagainya sifat- sifat yang di benci Allah. Dengan demikian jiwa kita akan menjadi tenang untuk menghadapi berbagai problema hidup.

12) "MIM". Huruf ke 12 dari Bismillahirrohmanirrohim adalah asma Allah yang ke7, "Yaa Mu'minu"
(Yang memberi Keamanan). Asma ini bila kita menginginkan keluarga kita, harta benda kita dapat menjadi aman dari gangguan dan sebagainya, maka sangat baik sekali di jadikan amalan harian.

13). "NUN". Adalah huruf ke 13 dari Bismillahirrohmanirrohim ini asma Allah yang ke 93. "Yaa Nuuru"
(Yang Menjadikan Cahaya). Cahaya adalah penembus alam gelap, gelapnya hati adalah Neraka dalam kehidupan, dan asma ini mengandung khasihat untuk memohon terang hati dan jiwa kepada Allah sehingga terbukanya pintu ma'rifat.

14). "ALIF". Huruf ke 14 dari Bismillahirrohmanirrohim alifnya adalah alif "Istiqomah". Orang yang memulai sesuatu pekerjaan baik dengan Bismillahirohmanirrohim tanda orang tersebut tunduk dan patuh kepada Allah. Alif ini juga disebut alif " Ikhlas", sebab apabila sesuatu pekerjaan  di mulai dengan ikhlas, maka artinya sangat besar sekali di sisi Allah maupun dalam pandangan manusia.

15).  "LAM". Adalah huruf ke 15 dari Bismillahirrohmanirrohim. Lam ini adalah lam "Jalalah" (Selendang Kebesaran Allah). Pekerjaan yang dimulai dengan Bismillahirohmanirrohim akan jadi perhitungan baik lawan maupun kawan, karena didalam pekerjaan tersebut ada tangan (kekuasaan) Allah yang menyelesaikannya.

16) "RO". Huruf ke 16 dari Bismillahirromanirrohim adalah asma Allah yang ke 98. Yaa Rasyiidu" (Yang Maha Pandai) yang maksudnya selalu ada  ide-ide baru atau cepat mengambil keputusan, cerdas dalam menyelesaikan masalah dan tegas menegakkan disiplin.

17) "HA". Adalah huruf ke 17 dari Bismillahirrohmanirrohim. Ini adalahasma Allah yang ke 41 "Yaa Hasiibu" ( Yang Maha Menghitung). Orang yang berzikir dengan kalimat ini sangat baik sekali, sehinga bila dia akan memulai pekerjaan tidak tergesa-gesa, penuh perhitungan cermat, untung rugi, baik buruk dan bermanfaat atau tidak, semua dapat dikaji dengan matang dan barulah ia melakukannya. Asma ini juga baik bagi yang sedang memegang kedudukan untuk mengamalkannya. Karena dalam kehidupan kita lawan itu tidak selalu datangnya dari orang lain, tetapi bisa dari saudara, keluarga, kawan dekat, anak, bahkan istri atau suami kita sendiri. Seperti kata pepatah yaitu "Ragukan semua orang tapi Diri jangan " InsyaAllah bila itu terjadi semua usaha mereka akan sia-sia.

18). "YAA". Huruf ke 18 dari bismillahirrrohmanirrohim adalah kalimat "Yuhyii Wa Yumiitu" (Yang Menghidupkan dan Yang mematikan), artinya disetiap pekerjaan yang kita kerjakan hanyalah Allah penentunya.

19). "MIM". Huruf terakhir dari Bismillahirrohmanirrohim adalah dari asma Allah "Yaa Maalikul Mulki"
(Yang Memiliki Kerajaan). Kedudukan dan kekuasan, kekayaan dan sebagainya adalah milik Allah, bila dia akan mengambilnya hanyalah dalam sekejab mata, dan apabila Allah akan memberinya pun hanya sekejab mata. Oleh sebab itu janganlah lalai dalam mengingat Allah agar apa saja yang kita cintai dan miliki selalu   dalam ridho-Nya. Demikianlah kelebihan, kebesaran, keagungan dan kedahsyatan dari Bismillahirromahnirrohim.

       Saudara-saudaraku dan juga teman-teman ku, inilah yang dapat ku sampaikan dari hasil pengajianku kemaren siang. Dan aku mohon maaf kalau ada dari kata-kata atau tulisanku yang tidak benar atau salah aku harap bantuan teman-teman, karena aku bukanlah ahli dalam bertauziah.

41 komentar:

  1. selain subhanallah, alhamdulillah, allahuakbar ternbyata masih banyak kalimat dzikir yang lain. Syahadaet emang tuh wajib banget sebagai pembeda muslim dan yang bukan muslim.

    dalam al Quran pun juga ternyata setiap hurufnya mengandung dzikir.. alhamdulillah, diingatkan kembali. thanks Bun, dah sharing

    BalasHapus
  2. Subhanallah... ternyata banyak rahasia tersimpan diantara huruf2 ya....
    thanks Bunda atas sharing hasil pengajiannya
    :)

    BalasHapus
  3. makasih bun, sdh berbagi banyak melalui postingan ini. Semoga Allah selalu memberikan rahmat dan ridho-Nya kepada kita semua, amin..

    BalasHapus
  4. Makasih Infonya Bundaa....
    hheee
    follow donk Bunda
    N Masukin donk Di Link sahabat Bunda

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah setiap buka postingan bunda,selalu tercerahkan hari2 ane.makasih,klu ada waktu kunjungi blog ane ya

    BalasHapus
  6. alhamdulillah... dapat ilmu bermanfaat nih dr bunda... makasih byk bunda.

    BalasHapus
  7. Infonya sangat bermanfaat bunda.

    BalasHapus
  8. @ Gaphe:masih ada lagi lho...kata ustad yang sudah memberi ilmu ini ke bunda...semoga bunda dapat membaginya lagi....

    @ Aina: Sama-sama....makasih ya

    @ with: Amin...

    BalasHapus
  9. @ Terubuk : Udah....tp kok gak bisa ya.

    @ i-one : makasih..insyaAllah bunda datang, tp mohon maaf gak sering dtng, mklum bunda kan sibuk....

    @ Zasachi: sama2...

    @ Ladyonthemirror : syukurlah...
    salam kenal...makasih sudah menjadi teman baruku

    BalasHapus
  10. eh, mampir tempat bunda lagi disuguhi tausiyah. syukran jazakillah bunda^^

    BalasHapus
  11. @Nova M: makasih ya....moga bermanfaat....

    BalasHapus
  12. Kunjungan pertama bunda... wah bunda dari padang ya sakampung wak bundo.. :)
    postingannya mengingatkan kembali, makasih bondo

    BalasHapus
  13. Baru tahu nih mbak kalau ternyata dalam Bismillahhirrohmanirrohim terdapat 19 asma-asma Allah yang agung dari 99 "ASMAA- UL HUSNA". Terima kasih ya sudah berbagi. :D

    BalasHapus
  14. Bagus banget mbak hasil pengajiannya. Moga sering2 ikutan pengajian dan hasilnya di share disini lagi.
    BTW template barunya bagus lho... :)

    BalasHapus
  15. Ternyata dengan mengucapkan BISMILLAHIRROHMANIRROHIM kita sudah memuji kebesaran Allah ya tante?

    BalasHapus
  16. @ Yhantee : makasih sudah berkunjung....kamu di padang dima ???

    BalasHapus
  17. @Catatan Kecil & The other : ternyata kita sama aja mbak...aku jg baru tahu dan mulai ngerti....makanya aku share ke sini, walau masih belajar utk merangkai kata2 yg kudapati dari pengajian ini....
    thank...habis template lama suka lemot dan hilang2 makanya kucoba ganti...tp aku agak sedih juga sih, krn template lama dari Hariyanti sukma terpaksa hrs hilang...moga yanti gak marah...krn aku pamit di fb kok...

    BalasHapus
  18. @ Place to study: Shasa sayang....dipelajari ya..moga bermanfaat...

    BalasHapus
  19. Kekuatan dzikir dengan penjelasan dari makna huruh2 yang dalam kalimat dzikir. Maha besar Alloh sngan segala firmannya

    maaf bunda salam kenal, ni kunjungan perdana

    BalasHapus
  20. @ Nyach MMS: Thank..sdh mampir....

    BalasHapus
  21. Kunjungan buat Bunda.:D

    BalasHapus
  22. ya ... betul kan ... !!!! coment ku tak sempat terkirim, padahal aku kirim posisi coment masih nol, dan templatenya blm diganti. Tapi gak apalah,
    tempalte ini keren dan ringan, jadi aku bukanya lebih cepat dibandingkan dgn yg dulu, Dan keereen pastinya buk nih template, aku senang banget Zita udah bisa ganti template, slamat ya buk...

    Nice posting .... makasih ya udah sharing, smg kita dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari2 itu yg terpenting, iya khan ....???

    BalasHapus
  23. Bun..rumahnya baru ya, saya suka bagus dan enak di lihat bun..dari yg sebelumnya banyak gambar yg tak bisa terlihat.
    Makasih untuk pencerahannya Bun...

    BalasHapus
  24. awali dengan basmalah... :)
    nice post

    BalasHapus
  25. @ tunsa : salam kenal..makasih sdh berkunjung.

    @ Amy : thank...

    @ IbuDini : Makasih... emang agak gampang munculnya...

    BalasHapus
  26. @ Hariyanti: Hehehe yan..ternyata kok kita sama aja ya.....aku jg udh komen pny mu wkt cerita tntg rossy...tp gak nongol dan aku pikir apa kamu gak mau moderasi...dan jg kok yanti gak comen2 aku sih...(mgkn krn pnymu ada verifikasi katanya) krn aku jg suka ketempat lain jg suka gak muncul tuh..pdhl sudahku komen...
    yan...sori ya aku ganti template dari mu...hbs suka lemot sih....

    BalasHapus
  27. Bunda, saya tadinya follow blog ini. Entah kenapa kok ternyata tidak follow lagi. Mohon dicek ya Bunda, terima kasih

    BalasHapus
  28. bunda, menurut kajian ibnu katsir jumlah ayat alquran 6236

    Allahu a'lam

    *terima kasih untuk sharing ilmu zikir-nya

    BalasHapus
  29. @ Ami: kayaknya ada tuh follownya Amy....mungkin lg ganguan..coba aja di ulang lagi OK.... bund tunggu lho...

    @Fanny : thank udh mampir...salam kenal...

    @r10 :makasih info nya....

    BalasHapus
  30. ada yang ganti template nih..hihi

    pantesan lama ga update. XD

    BalasHapus
  31. saya mampir Bun, membalas follow

    BalasHapus
  32. pengetahuan baru wat nea..mkasih bunda..:)
    btw, tmplate bru ya bun??atau nea yg g' ngeh wktu kali lalu visit ksini? cantik;)

    BalasHapus
  33. Assalamualaikum,

    Terimakasih bu, tausiahnya.. semoga Allah menjadikan postingan ini menjadi amal jariyah.

    Insya Allah, ilmu yang bermanfaat adalah sumber
    pahala yang tak terputus.

    saya tunggu tausiah berikutnya

    BalasHapus
  34. wooow templatenya baru ya bunda?
    asem manis kayak strawberry :D

    BalasHapus
  35. hihi bunda rajin BW tapi ga update.. XD

    BalasHapus
  36. bunda..knpa g' posting lgy??? owyahh,,nea suka music blognya:D 'everyday I love u;)

    BalasHapus
  37. @ Nea : sorry ya...bunda benar2 lagi sibuk.. dan belum dapat mikir nih, mo bikin apaan....

    BalasHapus
  38. Assalamu'alaikum bundaaa.. :)
    zasa berkunjung neh, wuihhh template baru ya bund? cakep banget, pinky2 gitu hehehe
    Bunda, fbnya zasa add, ntar dikonfirm ya :)

    BalasHapus
  39. @ Zacachi: thank zasa...senang deh bunda tambah teman baru di fb...udh bunda konfrim lho....

    BalasHapus

Terima kasih atas kujungannya......