Jumat, 18 Maret 2011

Zikir Pembuka Pintu-Pintu langit

     Pengajian kali ini, aku ingin menyampaikan  sedikit pencerahan yang kudapati dari Ustad H. M Djamil, S.Ag tentang Pembedahan Zikir. Pertama-tama aku akan melampirkan sedikit firman Allah SWT
"Dan bagi pria yang banyak berzikir kepada Allah, dan bagi wanita yang banyak zikir kepada Allah, disediakan ampunan dan pahala yang besar oleh Tuhan" (Q.S. Al-Ahzab: 35)

     Dari pengajian yang baru ini aku mendapatkan sesuatu yang tidak pernah aku mengerti selama ini. Ternyata salah satu upaya untuk menanamkan dan mempertebal keyakinan / kepercayaan diri akan Kebesaran dan kekuasaan Allah SWT melalui amalan zikir. dan zikir itu bukan hanya sekedar amalan sehabis sholat saja. Tapi, zikir juga dapat membawa ketenangan, kesehatan lahir dan batin. Disini akan aku mulai untuk menguraikannya.



Bagian Pertama dari zikir :
Istighfar anggota tujuh 

Maksud istighfar adalah kalimat pembakar dosa yang telah diperbuat baik  sengaja maupun tidak disengaja. Orang yang tidak mau beristighfar adalah orang yang sombong. Rasulullah yang sudah dijamin masuk surga saja setiap hari masih saja membaca istighfar sebanyak 100x:
"Hai semua manusia bertobatlah kalian kepada Allah, maka aku bertobat kepada Allah tiap hari seratus kali." (HR. Muslim)

     Alangkah sombongya manusia yang merasa dirinya bersih dan melupakan dosa-dosa yang pernah diperbuatnya, padahal semua dosa itu terjaga rapi di sisi Allah. Istighfar anggota tujuh ini dikenal juga Istighfar mencapai tujuh derajat dan menembus tujuh langit. Orang yang mengamalkannya akan melewati ambang tertentu dari manusia secara umumnya.
     Kadangkala ada orang berzikir bermalam-malam, tetapi yang didapatinya hanyalah capek dan ngantuk Bisa juga ada persoalan yang sepelelah penghambat terhantarnya amal-amalan kehadirat Allah, misalnya telinga kita mencuri dengar omongan orang lain, atau rasa riya yang tersembunyi yang tersembunyi di lubuk hati, dsb. Untuk itu, dasar dari zikir ini adalah kebersihan dan keikhlasan sebagaimana Allah berfirman: "Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan ia mencintai orang-orang yang suci (bersih, baik, dari kotoran jasmani maupun kotoran rohani)" (Q.S. Al-Baqarah: 222)

    Sebelum kita melakukan zikir yang lain-lain, sebaiknya dimulai dengan istigfar, karena istigfar itu adalah sebagai pembuka pintu menuju alam yang berdimensi kegaiban. menembus ruang dan waktu kemahaesaan Allah. Disini akan kuuraikan Istighfar anggota tujuh sebagai berikut:

1. Astaghfirullahalazim Minzunubil Qolbi
2.  Astaghfirullahalazim Minzunubil Lisan
3. Astaghfirullahalazim Minzunubil 'Ainaini
4. Astaghfirullahalazim Minzunubil Uzunaini
5. Astaghfirullahalazim Minzunubil Yaadaini
6.Astaghfirullahalazim Minzunubil Farji
7. Astaghfirullahalazim Minzunubil Riijlani

Artinya:
1. Saya mohon keampunan Tuhan dari dosa-HATI
2. Saya mohon keampunan Tuhan dari dosa-LIDAH
3. Saya mohon keampunan Tuhan dari dosa kedua-MATA
4. Saya mohon keampunan Tuhan dari dosa kedua- TELINGA
5. Saya mohon keampunan Tuhan dari dosa kedua- TANGAN
6. Saya mohon keampunan Tuhan dari dosa kedua- KEMALUAN
7. Saya mohon keampunan Tuhan dari dosa kedua- KAKI

    Dengan demikian istighfar yang dibaca terkirim pada alamat yang tepat. Tinggal bagi pengamalnya dapat merasakan di tingkat mana dosa yang dirasa paling banyak, maka disitulah serangan istighfar dihantam berulang-ulang. Dan setelah membaca istighfar kita juga melanjutkan dengan bacaan  Shalawat Nabi yang bunyinya :
            " ALLAHUMMA SHALLI' ALA SAYYIDINA MUHAMMAD WA ' ALA ALI SAYYIDINA MUHAMMAD".
   Shalawat  adalah kalimat yang maha dahsyat, dan dengan shalawatlah semua amal terangkat kehadiratnya. Didalam segi ibadat yang lainnya,manusia mendapat perintah untuk mengerjakannya, tetapi tidak bagi Allah, misalnya : Shalat, manusia diperintah untuk mengerjakannya tapi Allah tidak pernah shalat.
               Puasa, manusia diwajibkan melaksanakannya, dan Allah pun tidak.
               Zakat , manusia diwajibkan mengeluarkannya Allah pun tidak.

Pokoknya semua kewajiban hanya berlaku bagi umat manusia sedangkan Allah sebatas pemberi perintah, tetapi khusus disoal shalawat Allah dan para Malaikat ikut mengerjakan bersama-sama. Apabila ada orang membaca shalawat secara otomatis Allah dan para Malaikat ikut membaca juga. Cuma shalawatlah yang Allah lakukan bersama hamba-hambanya dan apabila ada yang membaca maka langit-langit bergetar, dan pintu-pintu langit terbuka.
   
      Sampai disini dulu yang dapat aku sampaikan hasil dari pengajian yang kudapat hari ini, dan InsyaAllah minggu depan ustad yang telah memberikan pelajaran hari ini akan melanjutan  bagian keduanya. Dan aku mohon maaf kalau ada dari apa yang telah kujabarkan ini banyak yang salah, karena aku bukanlah seorang yang ahli dalam agama.

34 komentar:

  1. makasih bunda, dapet pengajian pagi pagi di awal weekend ini.. yeah, saya belajar lagi tentang manfaat berdzikir. memang dengan senantiasa mengingat Allah, semoga terhindarkan dari rasa sombong (menyadari bahwa masih banyak kesalahan yang sering dilakukan)..

    thanks for sharing dakwahnya

    BalasHapus
  2. @Tukang Colong : Ayo...kita sama2 belajar...

    @Gaphe :Thank...moga bermanfaat.....

    BalasHapus
  3. Zita ada yg perlu di edit tuh yang ini ya, " Orang yang beristighfar adalah orang yang sombong". mungkin zita salah ketik aja, cuma buat bingung aku nih.
    Oh ya org yg rajin beristighfar terhindar dari penyakit sariawan dimulut, benaran loh.

    BalasHapus
  4. wah bagus postingnya bun.... semoga bermanfaat.....

    BalasHapus
  5. kutipan Bagian Pertama dari zikir :

    Orang yang beristighfar adalah orang yang sombong. (salah ketik kali ini yah)

    mungkin maksudnya "Orang yang tidak beristighfar adalah orang yang sombong."

    BalasHapus
  6. @hariyanti: makasih ya udah diingetin.... masa' sih,, aku baru tau lho... tapi emg banyak khasiatnya ya istighfar itu, aku kalau sakit kepala juga sering baca istighfar, n hasilnya jd cepat sembuh deh.. :)

    BalasHapus
  7. @flash: salam kenal,, makasih udah berkunjung,

    @R10: makasih ya,, aduh, jadi malu deh, udah bunda rubah kok :)

    BalasHapus
  8. Bunda Alhamdulillah, ical klu mo tidur jg suka zikir kok....sampai ketiduran... :)

    BalasHapus
  9. @ Faisal AF: Syukur deh.....apa yg pernah bunda ajarin selalu di kerjakan....

    BalasHapus
  10. Subhanallah..
    Makasih pengajiannya bunda :)

    BalasHapus
  11. @ ash:makasih sudah berkunjung.....salam kenal

    BalasHapus
  12. berzikir salah satu cara membersihkan hati..
    :D
    aku suka berzikir klo abis sholat aja bunda, hehe..
    thanks sharingnya bunda.. ^_^

    BalasHapus
  13. mkasih postingannya bunda..bermnfaat banget wat nea:)

    BalasHapus
  14. Mbak, makasih banget utk sharingnya ya. Sangat bermanfaat nih.

    BalasHapus
  15. Asyik juga membaca hasil pengajian yang mbak Zita ikuti. Ditunggu sharing yang lain ya mbak.

    BalasHapus
  16. Shasa akan rajin utk beristighfar deh, tante.

    BalasHapus
  17. @Agung A.K:Alhamdulillah...tp lebih baik lagi klu bisa dimana aja/ sambil nunggu macet jg boleh kok di dlm hati...

    @Anonim : salam kenal...makasih sdh berkunjung.

    @Nea...thank jg.....

    @ Tukang Colong : makasih sdh 2 kali bertamu kerumah ku.....A'yuk

    @catatan kecil: sama2 mbak...

    BalasHapus
  18. @the other:InsyaAllah....minggu depan dilanjutkan bag ke 2....

    @place to study: Alhamdulillah...mudah2an akan menjadi lebih baik untuk shasa....

    BalasHapus
  19. makasih postingannya.masalahnya ane jarang zikir,ternyata banyak manfaatnya ya..salam kenal,klu ada waktu maen2 keblog ane ya..

    BalasHapus
  20. Postingan yang sangat bermanfaat...makasih banget mendapat kuliah lagi.

    BalasHapus
  21. @ i-one : makasih sdh mau berkunjung...insya Allah mulai skrng udh bisa selalu berzikir...

    @ IbuDini :Alhamdulillah...semoga berguna....walau masih belum lengkap...

    BalasHapus
  22. Terima kasih pencerahannya bu ..

    BalasHapus
  23. mampir blog walking Bunda
    salam kenal..

    BalasHapus
  24. bunda,makasih udah mau berkunjung keblog ane.bunda kok nggak ada gambar follower,jadi bgmmna jd followernya bunda?

    BalasHapus
  25. bunda,udah ane follow...

    BalasHapus
  26. semua artikelnya bunda bermanfaat bagi saya ..
    mampir juga ke blog ku yah bunda ..
    makasih banyak yah bunda .

    BalasHapus
  27. wah ada pengajian online nih, bisa melatih diri saya utk lbh dekat kpd Allah...amien. Makasih
    ya bunda

    BalasHapus
  28. terima kasih bunda sudah diingatkan. semoga kita sekalian selalu berada dalam lindungan Allah SWT.

    oia, saya ijin share. mohon jangan dianggap sebagai spam. namun jika tidak berkenan, dihapus saja tidak apa-apa.

    seorang adik dari anak didik teman saya saat ini sedang membutuhkan bantuan seikhlasnya, baik berupa doa untuk kesembuhannya maupun dalam bentuk finansial. Saat ini dana yang terkumpul baru sekitar 3,5 juta, sementara yang dibutuhkan sekitar 50juta.

    info lebih lengkapnya bisa dilihat di sini.

    Nurul Safika

    silahkan di share ke rekan-rekan yang lain.
    insya Allah, kebaikan anda semua mendapatkan balasan Tuhan yang Maha Esa.
    terima kasih.

    BalasHapus
  29. terima kasih sekali bunda telah mengingatkan saya yang sudah mulai jarang berdzikir akhir-akhir ini

    BalasHapus

Terima kasih atas kujungannya......