Senin, 16 Mei 2011

Dari Ujung Rambut Sampai Ujung Kaki

      Sudah hampir setengah bulan aku tidak mempunyai ide untuk postingan, ditambah dengan waktu yang juga tidak ada untuk duduk santai di hadapan  komputerku. Tapi kali ini aku akan mencoba untuk mulai membuat postingan dan kuharap teman-teman yang mungkin juga sudah lama tidak sempat aku kunjungi, akan kembali mau berkunjung kerumahku. Awal pertama aku jadi ingin membahas masalah ini yaitu pada saat salah seorang anak sahabatku yang baru saja berusia 4 tahun bertanya kepadaku kemaren sore pada waktu aku dan teman- teman lainnya berkumpul dirumahku. Dani nama anak sahabatku tiba-tiba bertanya kepadaku  " Bunda, kenapa sih kita harus memotong rambut , kuku dan kenapa ya , bulu hidung kita tidak panjang seperti rambut ?". Pada saat itu akupun hanya dapat menjawab seadanya saja, tapi akhirnya akupun menyadari bahwa hal ini sepertinya juga sangat penting untuk dibahas terutama utuk anak-anak seperti Dani yang lagi mulai punya pikiran dan keingintahuan yang lebih dalam hal apapun.

       Apa jadinya kalau kita tidak pernah memotong dan mencuci rambut ? Hiiiii......pasti rambut kita akan menjadi panjang dan akan menjadi sangat bau dan bisa juga akan menjadi gimbal atau jadi sarang kutu. Maka dari itu  sejak kita lahir, kita sudah dibiasakan oleh orang tua kita untuk menjaga kebersihan dengan cara membersihkan tubuh. Karena kalau tubuh kita bersih, maka kita akan selalu sehat dan bisa tampil lebih menarik, cantik dan ganteng. Disini aku akan menerangkan sedikit pengetahuan yang aku ketahui tentang apa saja yang harus kita lakukan pada tubuh kita, agar kelihatan lebih bersih dan sehat.



Untuk Rambut :
      Mungkin kita tidak pernah menghitung jumlah rambut dikepala kita ? tapi menurut yang aku ketahui jumlah rambut itu kira-kira 100.000 helai banyaknya. Namun, rambut itu cuma bertahan hanya selama 2 - 6 tahun. Setelah itu ia akan lepas dan diganti dengan pertumbuhan rambut baru, dan itu tidak perlu kita takuti kalau-kalau kita akan menjadi gundul apabila rambut tersebut lepas. Itu normal ! Kata ahli rambut, setiap harinya seorang laki-laki akan kehilangan rambut 40 helai dan sedangkan untuk perempuan 70 helai. Jadi , supaya rambut kita sehat dan bersih, maka cucilah rambut dua hari sekali dan jangan lupa potonglah rambut agar kelihatan lebih rapi, karena setiap bulan rambut kita akan bertambah 1,25 cm.

Untuk Hidung :
     Meskipun hidung sudah punya bulu penyaring debu dan kotoran, tapi kita tetap perlu membersihkan kotoran hidung (upil) setiap kali kita mandi dan berwudhu agar kita dapat lebih leluasa untuk bernafas. Hidung juga dapat dipakai untuk bersin dan tanpa sadar apabila saat kita bersin, udara yang keluar (muncrat) lewat hidung dan mulut pada waktu bersin ngebutnya bukan main ! Haatsyii, kecepatannya bisa 160 km/jam.

Untuk Telinga :
      Telinga ternyata juga sangat penting dan tidak boleh dilewati begitu saja untuk membersihkannya. Gunakanlah kapas pembersih setiap kali kita mandi dan bagi yang masih kecil mintalah bantuan orang tua untuk membersihkan kotoran diliang telinga. Dan apabila adanya kotoran yang membandel didalam liang yang sebelah dalam, tidak perlu dikorek ya. Karena nantinya akan keluar dengan sendirinya, namun apabila belum keluar juga maka mintalah bantuan dokter telinga hidung dan tenggoorokan ( THT ) untuk mengeluarkannya.

Untuk Kuku :
      Mungkin kita tidak mengetahui bahwa kuku jari tangan kita empat kali lebih cepat tumbuhnya dari pada kuku kaki, dan mungkin inilah kuasa Allah Yang Maha Segalanya. Karena yang aku ketahui bahwa setiap tahun kuku kita akan bertambah panjangnya 3,8 cm. Dan karena kita tahu kalau kuku panjang itu adalah tempat kesukaan tumbuhnya bakteri, maka kita selalu memotong dan membersihkan kuku tersebut agar bisa mencegah kotoran mampir. Ada juga jenis kuku keras dan sukar di gunting, untuk ini cobalah rendam kuku tersebut dengan air hangat selama beberapa menit dan setelah itu cobalah digunting, maka ia akan menjadi empuk dan mudah di potong. 

Untuk Gigi : 
       Gigi juga sangat penting bagi kita, maka sehari dua kali kita harus membiasakan aturan menggosok gigi. Dan ini adalah suatu kewajiban yang tidak bisa ditawar-tawar kalau kita ingin gigi kita sehat dan bersih. Menggosok gigi setiap kali habis makan dan sebelum tidur malam , dapat mencegah sisa makanan membusuk yang akan menyebabkan gigi kita berlubang dan nafas kita menjadi tidak sedap. Dan untuk perawatan gigi, sebaiknya jangan lupa datanglah kedokter gigi setiap enam bulan sekali. 

Untuk Kulit : 
       Kulit merupakan bagian tubuh kita yang paling luas dalam bertugas melindungi tubuh dari berbagai serangan dari luar. Karena dalam kulit terdapat lebih dari dua juta kelenjer keringat dan keringat inilah yang menjaga suhu tubuh kita agar tetap hangat. Sayangnya, keringat ini suka membuat badan kita menjadi bau. Untuk itu supaya kulit kita sehat dan bersih, maka mandilah 2 kali sehari, pagi dan sore hari dengan memakai sabun wangi atau sabun untuk kesehatan.

Untuk Kaki :
      Mungkin kita tidak sadar, ternyata kaki adalah tempat yang paling disukai oleh bakteri. Bakteri akan lebih suka datang pada kaki kita yang kalau setiap harinya terkurung dalam kaos kaki, apalagi kalau kaos kaki tersebut menjadi lembab karena keringat, maka ia akan meninggalkan bau tidak sedap. Yang mana bau itu banyak disebut orang bau jempol. Untuk itu agar kita terhindar dari bau tersebut. maka kita harus rajin mencuci kaki dengan sabun anti bakteri setiap habis bepergian dan keringkan kaki dan juga sela-sela jari kaki. Dan jangan lupa atau malas mengganti kaos kaki setiap minimal 2 hari sekali.

      Inilah sedikit yang dapat aku uraikan, agar kita selalu dapat untuk menjaga tubuh kita agar selalu sehat dan bersih. Untuk teman-teman yang tahu jawaban dari pertanyaan diatas / yang ditanyakan oleh Dani kepadaku, aku mohon bantuan jawabannya.

40 komentar:

  1. Apa yang bunda katakan semuanya benar...bayangkan saya seadainya saya itu semua tidak kita lakukan.
    Terutama kuku kaki danjari tangan.

    BalasHapus
  2. kebersihan adalah sebagian dari iman jadiperlu dijaga ya bun

    BalasHapus
  3. hehehe memotong rambut atau kuku juga sunnah lo Bunda dalam agama Islam,,bahkan bisa makruh jika kita tidak melakukannya selama 40 hari (pertamx nih mantep dah) terima kasih pengetahuannya bunda

    BalasHapus
  4. InsyaAllah....sama2 kita menjaganya

    BalasHapus
  5. @IbuDini: hehe..... gak kebayang deh.....
    @lidya: betul banget tuh....
    @Sofyan: makasih kembali atas komentarnya......
    @Yatie: ya..... makasih

    BalasHapus
  6. kalau gigi cukup disikat aja kan bunda gak perlu dipotong? hihihi :)

    BalasHapus
  7. selalu menyegarkan hati yang sudah gersang ini..

    kebersihan adalah sebagian dari iman ya,bund?

    BalasHapus
  8. wow... bisa nih jadi asisten ku dikelas Biologi ... Zita ... infonya benar semua... kalo ulangan nilainya 100 nih ...

    BalasHapus
  9. Yg ditunggu posting jg:) Info yg menarik Bun, aplg buat ank2 yg serba ingin tahu.

    BalasHapus
  10. keimanan juga bisa dilihat bagaimana kita menjaga kebersihan tubuh kita dari rambut sampai ujung kaki

    BalasHapus
  11. iya nih, lama banget bunda nggak nongol. hehehe... sekalinya nongol bawa info baru yang bermanfaat.. tiap rambut di tubuh punya fasenya masing-masing. termasuk batasan tumbuh.. kalo udah menyentuh satu batasan maksimal, biasanya kecepatan tumbuhnya melambat..

    termasuk kuku jari, atau gigi.. nggak mungkin kaan gigi tumbuh terus *gondrong donk!

    BalasHapus
  12. @ Indi : la iya dong....
    @I-one : lho hati siapa sih yg gersang ??
    @Yanti : Horree dpt 100...pdhl nyontek ama ical lho....hehehe
    @ Amy: duh senangnya ternyata masih ditunggu...moga bermanfaat ya
    @ Warsito: setuju banget...

    BalasHapus
  13. @ Gaphe: makasih gaphe masih mau berkunjung meski aku belum mampir ketempatmu...

    hahaha.....gaphe lucu deh !

    BalasHapus
  14. itulah kenapa kaos kaki sangat bau sekali...karena emang sarang bakteri...haha.. makasih tipsnya bunda....

    BalasHapus
  15. nice post bund..

    kebersihan itu pangkal kesehatan, dan kebersihan juga bagian dr iman.. :)

    BalasHapus
  16. Terima kasih tips resiknya Bunda....
    Jujur, kalo saya sih agak joro2k, hehehehe
    Senangn membaca tulisan Bunda ini :))

    BalasHapus
  17. Tipsnya woke banget Bunda...

    Kebersihan tubuh kita adalah dasar untuk menjaga kesehatan kita... K-lo semuanya bersih, insyaAllah semua pasti jg sehat...

    BalasHapus
  18. dari pertanyaan sederhana seorang anak, ternyata kalau diuraikan maknanya banyak sekali yah Bun...

    makasih postingannya, krn bermanfaat bgt... dan mengingatkan qta selalu utk selalu bersyukur setiap detiknya :-)

    BalasHapus
  19. salam sahabat, silakan Gan jika mau di shere-ing ria , posting bunda pun mantep, tks bunda kunjungannya. Mampir lagi ya bunda untuk membaca artikel lain ya bunda

    BalasHapus
  20. Setuju Bun, dari ujung rambut sampai ujung kaki bisa jadi sarana kita dalam bersyukur, so pelihara dan membersihkan adalah salah satu cara bersyukur.

    Setuju dan sangat SUKA bun....

    BalasHapus
  21. kuku jari tangan saya sulit banget kalo mau di panjangi ...
    jadinya selalu potong kalo udah panjang dikit .. gak betah .. hehehe ..

    BalasHapus
  22. Assalammualaikum...
    Salam kenal...sangat gembira dapat kenal Bunda...
    Terima kasih singgah blog saya...

    Tentang artikel di atas...terima kasih berkongsi...

    BalasHapus
  23. Bisa jadi wejangan buat anak saya ntar,,,hehehehe terima kasih bunda

    BalasHapus
  24. tapi sering merawat semua itu yang kadang mengganggu selalu malas. kuku sampai hitam, rambut sampai kutuan, dan kulit sampai panuan. makasih bunda sudah ngingatin, rambut saya sudah gondrong dan gatel banget nih.

    BalasHapus
  25. trmksh bunda atas penjelasannya yg lengkap, tp 1 pertanyaan bun klo misalnya ada bulu hidung yg kepanjangan blh dipotong gk? Soalnya saya pernah lihat ada org yg bulu hidungnya keliatan sampe keluar. Khawatirnya gmn klo makin panjang nanti hehe

    BalasHapus
  26. pasti jelek rambutnya bila tak dikeramas bunda ya

    BalasHapus
  27. @ Aina: makanya jgn lupa kaos kakinya sering diganti ya...
    @Zasachi: Makasih za...Betul banget...

    BalasHapus
  28. Tips dari Bunda ini saya suka, dan sangat bermanfaat.
    saya sangat tersanjung, ketika ada kesempatan Bunda langsung berkunjung ke rumahku. Terimakasih

    BalasHapus
  29. @Insanitis 37 : Makasih sudah berkunjung....
    mulai besok jgn jorok lagi ya.....

    @Lyliana T:Alhamdulillah semoga bermanfaat utk anak2....

    @Asuransioke :InsyaAllah bunda mai kesana lagi...

    @Yunda Hasamah: Makasih buk...

    @Hoedz :Ya....namanya juga anak laki2...gak bagus juga kalau kelihatan panjang...

    @Ummiarissa: Makasih buk...sudah follow saya...

    @Arif BS: InsyaAllah berguna ya....

    @M.A Vip:hihihi...bau dong...
    Ayo segera dipotong ya, pasti keren deh...

    @Kak Zein:kalau sudah biasa di potong dr awalnya..pasti ia akan tumbuh terus, tp gak sepanjang rambut...kayaknya gak apa2 tuh dipotong biar kelihatan rapi...

    BalasHapus
  30. @ Obat Sakit: Thank..sudah di follow
    pasti banget...dan bau lagi...

    @Nyach MMS:Makasih...insyaAllah aku mampir lagi

    BalasHapus
  31. hihi...bunda saya inget nih...
    ada pengalaman dari tetangga sebelah rumah. anaknya yang berumur 3 thn,selalu minta kupingnya dikorek. mungkin karena keenakan kali. akhirnya kebiasaan itu dilakukan setiap hari. alhasil, disaat lalu, kupingnya terkena infeksi, bengkak dan bernanah.
    Oleh karena itu, sekarang saya sangat membatasi keinginan anak saya agar tidak bernasib sama.

    BalasHapus
  32. untuk hidung juga harus dibersihkan biar pileknya jauh bunda...hehe

    BalasHapus
  33. alangkah senangnya hati ini bisa berkunjung ke rumah Bunda tercinta

    BalasHapus
  34. bener banget Bunda
    kadang kebersihan hal hal kecil seperti ini sering terlewatkan oleh kita

    BalasHapus
  35. Untuk gigi perlu bersih, tetapi manusia jika giginya tidak sakit tadak akan ke doketer deh..hehe

    BalasHapus
  36. Gigi itu memang penting kita rawat karena untuk berkomnunikasi..hehe biar gak bau

    BalasHapus
  37. @Wanita:Iya...kita harus hati2 sekali dg anak2 kita...aku saja, sampai anak saya sudah SMP...klu urusan bersihin kuping masih sering saya yg membantunya....

    @Obat sakit: senang sekali dapt kunjungan berulang2 darimu....moga tali silaturahmi kita semakin erat...

    BalasHapus
  38. @Elsa: ya....moga setelah ini kita lebih bisa memperhatikan kebersihan, terutama untuk anak2..

    @Kamal Hayat:semua pendapatmu tentang gigi...benar sekal.
    Namanya juga manusia..kalau sudah kepepet...baru deh cari jalan keluarnya......

    BalasHapus
  39. udah mirip ensiklopedia aja tante. hihi

    BalasHapus

Terima kasih atas kujungannya......