Selasa, 03 Mei 2011

Dunia Musik di Dunia Kita

     Siapa yang tidak kenal musik ? Siapa yang tak suka musik ?
Dari semua pertanyaan ini, tentu jawaban yang kita temui adalah Suka. Musik ada disekitar kita, di radio, di televisi, disekolah, di rumah dan tempat hiburan lainnya. Sedangkan di televisi setiap saat bisa kita lihat ,dengar dan nikmati acara-acara musik tersebut. Kenapa disebut Musik ?
Karena musik itu menghibur dan menyenangkan
Karena musik itu melembutkan dan mempekakan perasaan.
Karena musik itu bisa menjernihkan pikiran

       Musik ada dimana-mana dan musik sebenarnya adalah bagian dari hidup kita, karena kita selalu dapat merasakan musik itu pada saat kita lagi senang, maka kita tanpa sadar selalu bersenandung, berirama seperti musik.Dan kadang senandung itu akan menghasilkan sebuah karya musik yang sangat indah untuk didengar. Seperti yang telah dilakukan oleh artis-artis / penyanyi  dan beberapa group band saat ini. Coba kita bayangkan kalau dunia ini tanpa musik......Waaaaaah, betapa sepinya !



      Maka dari itu  aku sangat senang bercerita dan berbagi sedikit tentang musik yang aku ketahui  kepada sahabat blogku. Sahabat mungkin sudah mendapatkan gambaran tentang dunia musik, seperti dalam dunia musik itu ada penyanyi, ada pencipta lagu, ada pemusik, ada grup band dan ada pula orkestra dan lain-lain lagi. Kalau kita menyatakan berminat di bidang musik, artinya kita tidak selalu harus menjadi penyanyi, bisa saja kita menjadi pemain piano yang handal. pemain gitar yang hebat, pemain saksafon yang lihai dan lain - lain. Yang jelas masing- masing profesi itu memerlukan keterampilan yang baik, hingga bisa disebut sebagai pemusik yang handal.

      Kita mengenal pula berbagai alat musik atau instrumen musik, seperti dengan adanya  alat musik pukul atau perkusi, alat musik gesek, alat musik petik, alat musik tiup. Dan juga kita dapat mengenal jenis-jenis musik. Seperti alat musik pukul (perkusi), alat musik gesek, alat musik petik, dan alat musik tiup. Kita juga mengenal jenis-jenis musik. Seperti musik klasik, musik pop, dan rock. Ada tokoh musik klasik yang begitu abadi seperti Johann Sebastian Bach, Ludwing Van Beethoven, Wolfgang Amadeus Mosart. Sungguh luas dunia musik itu!

        Disini saya akan menerangkan sedikit tentang awal pertama kali ada musik dan kegunaannya, yaitu:
1). Untuk Memanggil Teman
      Musik ada sejak ribuan tahun lalu, awalnya musik terjadi pada saat manusia purba memanggil teman-temannya dengan bunyi-bunyian yang dilakukan dengan mulut mereka. Dan untuk memanggil teman yang jauh maka mereka mengunakan tulang yang dilubangi. Dan sejak itu pulalah munculnya alat musik yang bentuknya seperti harpa, tetapi ukurannya lebih kecil. Pada saat itu harpa tersebut terbuat dari tulang dan kulit kerang.
Setelah itu, muncul pula suling yang terbuat dari batang alang-alang. Dan saat itu, mulailah alat musik dimainkan sendiri-sendiri dan tidak bersamaan.


2). Mengiringi Berbagai Acara
     4000 tahun yang lalu disebuah reruntuhan kuil tua di Irak ditemukan beberapa alat musik, seperti alat musik tiup, drum, dan rebana. Dan pada saat itu para pemuka agama memainkan alat musik tersebut bersama-sama sambil menyenandungkan doa-doa. Sejak itulah pertama kalinya berbagai macam alat musik dimainkan bersama-sama, dan itulah yang disebut orkestra. Semakin bertambahnya waktu maka musik itu mulai dimainkan dirumah-rumah atau di jalanan, serta bisa juga digunakan untuk mengiringi pawai, pemakaman, dan pesta. Tapi alat musik mulai banyak ragamnya yang bisa digunakan untuk acara pesta, seperti piano / keyboard, gitar, biola,drum dll. Sedangkan untuk didaerah alat musik banyak yang menggunakan gamelan, terompet, kolintang, angklung dan sebagainya.



3). Musik Elektronik
     Ketika orang sudah menemukan listrik, maka alat musik mulai dioperasikan dengan tenaga listrik.Dan awal diciptakannya alat musik elektronik, pertama kali diciptakan pada tahun 1918 oleh ilmuwan Sovyet bernama Leon Theremin. Alat musik itu tidak mempunyai dawai untuk dipetik,. pipa untuk ditiup aatau tuts untuk ditekan. Dab alat musik itu diberi nama Theremin. Alat ini berbentuk kotak yang didalamnya terdapat komponen listrik yang bisa menghasilkan nada dan untuk memainkannya tidak perlu menyentuhnya, tapi cukup dengan berdiri didepan theremin dan kemudian tangannya digerakkan seperti gerakan tangan konduktor. Jauh dekatnya tangan kanan dengan alat ini, dapat mengatur besar kecilnya volume suara, sedang bagian kiri dapat mengatur nada. Dan setelah berkembang waktu maka mulailah diciptakan drum elektronik, piano elektronik, gitar elektronik dan alat musik lainnya.



4). Musik Digital
     Bukan hanya diera listrik saja banyak ragam alat musik, tetapi diera komputerpun ikut mempengaruhi perkembangan alat musik. Alat musik yang menggunakan kecanggihan komputer adalah MIDI ( Music Instument Digital Interface ) ini tercipta tahun 1994. Midi adalah alat yang menghubungkan  beberapa alat musik, misalnya keyboard 1 yang berisi suara piano, keyboard 2 yang berisi suara drum, dan keyboard 3 yang berisi suara gitar.
 Buat sahabat blog yang berminat di dunia musik, dapat menekuni profesi musik sesuai dengan kemampuan masing-masing. Dan percayalah hanya dengan ketekunan dan kesungguhan maka keterampilan kita di bidang musik akan menjadi sangat berharga baik untuk diri kita sendiri maupun untuk orang lain

24 komentar:

  1. bunda ane suka musik tradisional terutama gendang tuh hehehehe

    BalasHapus
  2. wow,,,, asyik, dapat ilmu di pagi yang hangat ini....

    BalasHapus
  3. musik bisa menjadi penyemangat juga ya

    BalasHapus
  4. dunia bakalan hampa....sepi.... kalo ga ada musik....

    BalasHapus
  5. alangkah sepinya ya jika dunia tanpa musik

    BalasHapus
  6. Music its my life..... hehehehe musiksudah begitu melekat dikehidupan kita sehar-hari bun, mau musik tradisional sampe yang canggih pasti asyik buat didenger....:)

    BalasHapus
  7. Saya senang uraian Bunda tentang musik keren...

    Musik itu bs menyentuh jiwa ya Bunda, dan untuk saya sendiri dr dulu n sampai sekrang bermain musik merupakan slh satu hobi yg tdk bs lepas dr saya, "pengen jd pencipta lagu yg karyanya di sukai banyak orang"...

    BalasHapus
  8. biacara tentang musik pasti meriah uey,,,I lup Music Bunda...hehehe

    BalasHapus
  9. Musik bisa menggambarkan mood seseorang... kalo lg sedih, dengerin musik yg bikin happy... obat sedih yg paling mujarab.. ohya Bun, ituuu angklungnya besar sekali ya... itu acara apa ya?

    BalasHapus
  10. ternyata banyak yak awalnya kenapa musik itu ada, dan memang sampe sekarang pun musik pun juga punya macem-macem tujuan.. ada yang buat meditasi, penyembuhan, soundtrack, sampe having fun.

    i love listening too.. ^_^

    BalasHapus
  11. dalam hidup saya rasanya tidak terlepaskan dari musik, yah, meski saya tidak bisa bernanyi sih...

    BalasHapus
  12. I love music bun..;) terkadang musik pun mnggambarkan isi hati..

    BalasHapus
  13. Pasti sepi jika tidak ada lagi musik, karna saya suka dengerin musik kalau pikiran lagi suntuk

    BalasHapus
  14. aku hanya penikmat musik tapi gak bisa memainkan alat musik ... hehehehe...
    Makasih ya buk info ttg musik ini

    BalasHapus
  15. Kalau nggak ada musik dunai akan sepi bunda, gak ada yg jual kaset,CD dan sepi pengamen.
    Kurang sip deh kalau nggak ada musik.

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  16. I like music :D. Kdg hati sedih mendengarkan lagu favorit bs menenangkan hati kita yg sedang galau :D

    BalasHapus
  17. walaupun gak bs bermusik, seneng juga dengerin musik ..

    BalasHapus
  18. Musik juga bisa meningkatkan intelegensia ya Bun?
    Thanks bagi-bagi ilmunya :)

    BalasHapus
  19. Untuk semua teman2 yg sudah berkunjung dan meninggalkan komen, aku mohon maaf gak bisa balas..krn aku benar2 sibuk dan gak bisa BW juga...apalagi sjak seminggu yang lalu aku keluar kota ....jd gak bisa buka komputer....

    thank, komennya bagus2 banget...dan pada intinya, Dalam hidup ini kita benar2 butuh Musik....

    BalasHapus
  20. asswrwb...pagi bunda, hmmm dg musik pikiran kita jd lbh relax, apalg kl musiknya nuansa islami ^_^..

    BalasHapus
  21. Musik memang asyik, tapi jangan gara-gara musik sampai terlena dan menunda pekerjaan, bisa jadi nda asik lagi. Bohong kalau saya tidak suka dengar musik, tapi benar kalau saya tidak bisa memainkan alat musik, apapun itu.

    BalasHapus
  22. tanpa musik maka dunia jadi sepi, tak ada hiburan murah meriah :D

    BalasHapus
  23. Musik adalah media pembelajaran yg baik dan mnarik.. salam hangat.

    BalasHapus
  24. @Baaju wanita : Makasih atas kunjungannya....salam kenal

    BalasHapus

Terima kasih atas kujungannya......