Minggu, 26 Juni 2011

Agar Liburan Lebih Berkesan

Assalammualaikum wr wb...
Bismillahirrohmanirrohim.....

      Sobat netter mulai kemaren di seluruh Indonesia, sudah menjadi hari libur panjang bagi para pelajar dan juga para guru setelah penerimaan rapor dan kenaikan kelas, serta kelulusan sekolah. Mungkin setiap keluarga hari ini akan mulai untuk melakukan liburan jauh seperti pulang ke kampung halaman atau cukup dengan liburan di daerah masing-masing, seperti berekreasi atau mengunjungi tempat-tempat hiburan.
   
     Kali ini aku akan membahas sedikit tentang persiapan apa yang kita perlukan saat liburan. Mungkin paling jengkel deh,  kalau sudah mau pergi liburan, ehh.....ternyata ada barang yang ketinggalan. Hal kecil begini bisa bikin kita bete ! Belum lagi urusan membereskan koper yang tambah membuat pusing, karena dari itu  kita dapat membereskan semua keperluan untuk berlibur sebelum  hari keberangkatan. Maka dari itu sekarang aku akan berbagi sedikit kepada sahabat bloggerku, cara agar liburan tambah berkesan dan tidak bikin pusing saat hendak berpergian.


1. Mempersiapkan sedikit catatan-catatan kecil.
       Sebelum berangkat liburan, coba kita buat catatan-catatan kecil. Dan yang paling penting, tentu saja catatan tentang barang-barang yang akan kita bawa. Misalnya, berapa lama kita hendak berpergian, kira-kira berapa stel pakaian yang akan kita gunakan saat berpergian dan kebutuhan lainnya. Kalau kita 'taat' pada catatan yang sudah kita buat, maka di jamin tidak akan ada barang yang ketinggalan. Dan  sebaiknya catatan itu jangan langsung dibuang ya ! Simpan saja didalam tas kecil  kita, karena catatan itu akan sangat di perlukan lagi ketika kita akan membereskan barang-barang sebelum pulang dari liburan.
Catatan lain yang bisa kita buat adalah rencana pengeluaran. Misalnya, jumlah dan jenis oleh-oleh yang akan kita beli dan untuk siapa saja oleh-oleh itu kita persiapkan. Kalau perlu, cantumkan juga harga yang pas dengan kemampuan kita.

2. Persiapkan Koper dan Tas jinjing.
     Biasanya kalau pergi berlibur, bawaan kita banyak sekali. Supaya kita bisa menjadi nyaman di perjalanan, sebaiknya kita membawa setidaknya dua tas saja. Yang satu koper dan yang satu lagi tas jinjing. Koper itu dapat kita isi dengan semua barang-barang yang tidak kita perlukan selama dalam perjalanan. Dengan demikian, kita bisa memasukkan koper itu didalam bagasi kendaraan yang kita naiki. Sedangkan tas jinjing kita isi dengan barang-barang yang mungkin kita perlukan selama dalam perjalanan. Misalnya saja peta wisata, payung, topi, sikat gigi, botol minum, cemilan, baju hangat, cas hp, iPod, kamera foto,  obat-obat pribadi dan yang lainnya. Dan bagi yang mempunyai bayi atau balita, mungkin akan menambah sedikit bawaannya. Tas jinjing ini sebaiknya tidak terlalu besar, supaya tidak menggangu kenyamanan duduk kita di perjalanan. Untuk jenis tas koper sebaiknya kita memilih koper yang ada rodanya sedang untuk tas jinjing dapat  berbentuk ransel saja, sehingga kita tidak repot membawanya.
.

3. Menata Isi Koper.
     Kita pasti menginginkan koper kita akan tertata rapi, maka dari itu kita akan menatanya dengan cara :
~ Bawalah jenis baju yang tidak gampang kusut dan tidak gampang kotor seperti baju bewarna putih.
~ Untuk baju yang gampang kusut  dan juga dengan jilbab, sebaiknya kita masukkan kedalam plastik seperti saat pertama kali membeli baju baru dari toko.
~ Letakkan barang-barang keras dan berat  di bagian bawah dari koper. Misalnya saja sepatu, sendal ( terlebih dahulu kita masukkan dalam plastik, agar tidak mengotori pakaian ) dan juga sepertri celana jeans, rok.
~ Untuk pakaian dalam, kaus kaki dan baju kaus dapat kita letakkan disisi samping koper dengan cara semuanya kita gulung terlebih dahulu.

4. Cara membuat perjalanan lama terasa sebentar.
     Mungkin kita semuanya sangat menginginkan agar di dalam kendaraan tidak menjadi jenuh atau bosan. Aku akan mencoba memberi saran-saran yang asyik :
~  Siapkan peta perjalanan atau denah jalan mana yang akan kita lalui dan  cari jalan yang tidak buat macet. Sambil melihat-lihat peta tersebut, kita bisa dapat sekalian belajar tentang nama-nama daerah yang kita lewati atau juga kita bisa mengetahui stasiun-stasiun kereta api yang sudah kita lewati dan kalau lewat pergunungan kita juga bisa asyik menghitung berapa banyak sawah dan mengetahui jenis pohon-pohon apa saja yang sudah kita lewati.
~  Biar tidak jenuh kita juga dapat mendengarkan musik atau cukup dengan mengunakan  iPod, sehingga kita bisa bernyanyi sendiri. (asal suaranya tidak mengganggu sopir saja).
~  Bagi yang suka membaca, dapat membawa majalah atau buku-buku kesukaannya.
~  Dan kalau ingin ramai yang di dalam kendaraan, maka kita dapat melakukan permainan, misalnya dengan main tebak-tebakan atau saling mengeluarkan cerita-cerita lucu.
~  Untuk yang lebih suka dengan ketenangan, dapat melakukan zikir atau membaca surat-surat pendek sambil memejamkan mata.

Nah..... inilah sedikit tips dariku, agar perjalanan dalam berlibur akan menjadi lebih berkesan. Dan aku mengucapkan Selamat Berlibur, semoga perjalanan liburan sobat netter selamat sampai tujuan dan dilindungi oleh Allah Swt. Dan apabila dari tips ku ini ada yang kurang, aku mohon untuk ditambahkan.

21 komentar:

  1. Zita .... tq ya tipsnya ...kebetulan hari kamis mau ke Yogja nih... mudik...!!!

    BalasHapus
  2. Wow...asyik donk,pulang tempat mertua yan...
    Selamat jalan ya...dan jgn lupa oleh2 nya...

    BalasHapus
  3. ooo...musim cuti ye...tentu banyak tempat mahu pergi, Bunda datang aja malaysia

    BalasHapus
  4. tipsnya mantab jaya ini.. emang kalo mau asyik sih direncanakan dengan matang, termasuk antisipasinya. jadi kalo ada kejadian apa nggak bikin panik gitu kan Bun?..

    BalasHapus
  5. Bagus sekali tipsnya bunda kadangkala packingnya sukaseradak seruduk, yg harusnya dibawa ketinggalan eh yang dibawa malah yg ngga perlu.

    BalasHapus
  6. Wach tips yang berguna Mbak...pas kita juga mau liburan ;)

    BalasHapus
  7. Meskipun ga liburan tp tips nya bisa aq pake kalo pulkam ntar bln 11 bunda....
    Dari pengalaman lalu, barang suka ketinggalan n salah bawa (yg ga pntng malah kebawa). Dan oleh2 ada yang ga kebagian. hihi

    BalasHapus
  8. wah komplit sekali nih, persis seperti istri saya kalo mo bebergian. Hanya saja kopernya biasanya besar dan banyak isinya. Maklum kalo punya baby mesti banyak peralatan perang yang mesti di bawa.
    tapi liburan kali ini kami ndak kemana-mana, soalnya yang no 1 lagi persiapan masuk SMA nih

    BalasHapus
  9. wah Bunda, mau nge-highlight poin yang ini, "Bagi yang suka membaca, dapat membawa majalah atau buku-buku kesukaannya." nah kalo saya pribadi suka baca dimana saja kapan saja, tapi gimana kalo di mobil? bukannya kalau baca di dalam mobil yang jalan itu bikin mual? pengalaman pribadi sih bunda, menyiasatinya gimana ya bun?

    BalasHapus
  10. @ YatieAwang : Kejauhan dek, ntar deh kalau ada yang buang2 pasport dan tiket pesawat......aku kesana liburan......hahaha

    @Gaphe : betul sekali...

    @Ladyonthemiror:yups...moga bermanfaat ya

    @Yunda H : Selamat berlibur yuk..

    @Tarry K H:Yo gak apa2...mudah2an bisa kepakai nanti pas bln 11..dan semua berjalan lancar.,

    @Djangan P:Sama mas...aku jg belum ada liburan...krn jg mau masukin ical SMA...

    @Andaka R P: Silahkan...
    iya sih kalau yg pemabuk susah utk ngapa2in di mobil..tp bisa lho bacanya pas kalau jlnnya lg lurus dan kalau ada belok2nya emg susah dan kosentrasi hilang...krn kita jg ikutan miring kekiri kekanan....

    BalasHapus
  11. Wah tips yag bermanfaat, terima kasih bunda,,,,,,,,

    BalasHapus
  12. ada tips buat mereka yang jadi tuan rumah liburan gak ?
    pengalaman pribadi saya nih, kalo liburan bukanya pergi2, malah harus jadi tuan rumah yg baik krn sebagian kerabat liburan kesini.

    BalasHapus
  13. ada catatan biar tak lupa nantinya Bun ya

    BalasHapus
  14. semoga liburan kali ini berkesan setelah membaca postingan ini

    BalasHapus
  15. Untuk yang ini selalu dalam perhatianku bun , kemanapun itu...dan aku bisa dibilang termasuk ibu siaga dan ibu detail.
    minggu depan saya juga mau liburan sama Dini bun,....kasihan udah libur sekolah saya blm bawa jalan2.
    Moga liburan saya menyenangkan..makasih utk tipsnya bun

    BalasHapus
  16. Wah, mantap Bu. Tipsnya super lengkap dan patut jadi catatan. Masalahnya Bang Pendi bingung mao liburan kemana, ongkosnya ga ada! hehe

    BalasHapus
  17. jangan lupa sehabis liburan share pengalamannya di blog, agar dapat menjadi referensi orang lain

    BalasHapus
  18. wah..aku selalu bermasalah dengan packing..bunda :(

    BalasHapus
  19. assalamu'alaikum Mbak,
    giaman mas Ical udah kelar daftarnya?
    moga mendapatkan sekolah yang membawa pada keberkahan

    BalasHapus
  20. wah Bunda....letihnya nak baca sampai habis...kiri kanan kiri kanan mata ni....tapi tq share perkara ni walaupun banyak juga ayat yang tak faham...tapi saya buat andaian je..

    BalasHapus
  21. @ Arief: Sama2 bay...
    @ Dey : wah.. kalau itu agak binggung,krn kebetulan aku di kotaku ini gak ada saudara kecuali mertuaku, jd jarang yg dtng kermhku, mrk suka kumpul di rmh mertuaku...makanya setiap liburan atau lebaran kami malah selalu kumpul dg keluarga di Jkt, krn rata2 kmpul disana.
    @Obat sakit : ya mas. kayaknya catatan juga penting lho....
    @Lidya : Amin..moga bermanfaat...
    @Ibu Dini:Alhamdulillah.. Selamat berlibur ya mbak..moga dini bahagia dg perjalanannya...hehe jjgn lupa oleh2 nya
    @Bang Pendi : hehehe..si abang bisa aja..
    bang liburan ke PRJ jg asyik tuh, bisa cuci mata lho...
    @r10 : kayaknya liburan kali ini, kami sekeluarga gak pergi jauh2 lho, paling liburan kekebun atau kepantai saja..
    @Hilsya: moga kali ini gak bermasalah lagi...percaya deh semua sdh di praktekin kok..
    @Djangan P: Waalaikumsalam Ies..Belum, baru buka pendaftaran...Amin..Semoga anak-anak kita sama mendapatkan sekolah yang terbaik, dan dimudahklan segala urusan mereka..
    @Ummiarissa :Thanks puan...semoga dapat dimengerti setelah baca terjemahannya...

    BalasHapus

Terima kasih atas kujungannya......