Sabtu, 23 April 2011

Hadiah Ulang Tahun Untuk Istri Arief (Flash)

Memahami Jenis Kecerdasan Anak

     Saat ini teori multiple intelligences banyak digunakan oleh para pendidik/ guru yang saya temukan di beberapa sekolah. Maksud dari teori ini adalah cara belajar anak-anak dengan menggunakan keterampilan atau mempelajari beberapa buah konsep yang berbeda dalam beberapa hal. Guru ataupun orang tua secara naluriah akan selalu tahu bagaimana anak-anak belajar dengan cara yang berbeda maksudnya dengan melihat aktivitas yang menarik bagi satu anak, belum tentu menarik bagi anak yang lainnya. Sebagai orang tua ataupun guru, mungkin kita pernah merasa frustasi ketika anak-anak kita tidak bisa melakukan sesuatu yang kita ajarkan. Dengan demikian kita harus bisa memahami kecerdasan individual anak-anak kita dan gaya mereka belajar. Dan kita juga dapat mengajari anak-anak dengan cara dimana di dapat informasi atau konsep (keterampilan lebih cepat).


     Untuk memahami kecerdasan anak, disini kita dapat juga mencoba dengan beberapa trik-trik, seperti:
-  Ketika anak sedang bermain, kita harus memperhatikan permainan apa yang disukainya.
-  Perhatikan cara bermain
-  Pada saat kita berkumpul bersama dengan anak, sambil melihat buku yang bergambar, kita bisa memperhatikan gambar apa yang membuat anak itu tertarik, seperti halnya kita juga bisa melihat apakah anak menyukai mainan yang berwarna cerah dan bentuk yang menarik, atau mainan yang mengeluarkan suara. Disini kita juga bisa mengamati sebuah objek, apakah ia memegang, atau merabanya. Mungkin ada anak yang tidak tertarik dengan mainan, tetapi lebih menyukai guling-gulingan, jungkir balik, atau berlari-larian.

      Kebanyakan anak mempunyai sejumlah kecerdasan dan gaya pembelajaran yang berbeda dan dapat ditampilkan dalam berbagai hal, salah satunya terdapat dalam teori multiple intelligences.
Manfaat dari teori ini adalah memberikan  pilihan kepada guru dan orang tua untuk mengetahui, apakah seorang anak apabila tidak dapat merespon terhadap aktivitas tertentu dan masih banyak pendekatan yang lain yang bisa dicoba.

      Ada 8 jenis Kecerdasan Anak, yaitu :
1). Kecerdasan Linguistic, artinya kepekaan terhadap arti atau susunan kata-kata.
Anak dengan kecerdasan ini cenderung menggunakan pembendaharaan kata yang luas dan biasanya senang menceritakan tentang lelucon atau main tebak tebakan dan bisa juga dengan permainan kata-kata.seperti membaca. menulis dan cerita.

2). Kecerdasan Logika Matematika, artinya kemampuan mengatasi rangkaian sebab dan mengenali pola-pola dan susunan.
Anak dengan kecerdasan ini, biasanya senang bekerja dengan angka-angka dan selalu ingin tahu bagaimana cara suatu benda bekerja, banyak bertanya,  juga suka mengoleksi benda-benda dan selalu mencatat koleksi-koleksinya. Untuk dapat melihat kecerdasan anak disini kita coba dengan melihat apakah anak tersebut tertarik dengan buku gambar, lalu suruh anak itu memilah dan mengelompokkan gambar benda-benda dan binatang-binatang yang dilihatnya. benda-benda itu sebaiknya dalam bentuk puzzle atau balok-balok kecil atau benda-benda kecil yang dapat dihitung.

3). Kecerdasan Musical, artinya kepekaan pola titik nada melodi, ritme,dan nada.
Anak dengan kecerdasan ini cenderung senang mendengarkan dan bermain musik, menyanyi, bersenandung, juga suka menciptakan nada-nada tiruan. Disini anak sangat cocok apabila diikutkan dalam rekaman audio atau dalam aktivitas-aktivitas.

4). Kecerdasan Bodily - Kinesthetic, artinya kemampuan menggunakan tubuh secara terampil dan menangani benda-benda dengan tangkas.
Anak dengan kecerdasan ini cenderung senang olahraga dan aktif secara fisik,misalnya mengunakan bahasa tubuh seperti menari, acting atau menjadi badut.

5). Kecerdasan Spatial. artinya kemampuan memahami alam sacara akurat dan menciptakan ulang atau mengubah aspek-aspek alam.
Anak dengan kecerdasan ini cenderung suka mencoret-coret, suka mmelukis, menggambar atau membuat
bangunan dari balok-balok dan juga suka dengan membaca peta serta mengisi teka-teki silang.

6). Kecerdasan Naturalis, artinya kecerdasan mengenali dan mengolong-golongkan sejumlah spesies,  flora dan fauna dari sebuah lingkungan.
Anak dengan kecerdasan ini cenderung banyak berada diluar ruangan atau rumah dan selalu suka mengamati tumbuhan- tumbuhan,  mengumpulkan batu-batuan atau menangkap serangga.

7). Kecerdasan Interpersonal, artinya kecerdasan dalam memahami orang dan hubungan dengan orang.
Anak dengan kecerdasan ini biasanya punya banyak teman dan cenderung menjadi penengah diantara mereka dan juga dapat menjadi tim yang istimewa, baik dalam permainan atau diskusi kelompok.

8). Kecerdasan Intrapersonal, artinya kemampuan menggunakan kehidupan emosional sebagai cara untuk memahami diri sendiri dan orang lain.
Anak dengan kecerdasan ini harus didorong untuk memikirkan bagaimana perasaannya terhadap pengalaman-pengalaman baru dan beri dia banyak kesempatan untuk menjelajahi topik-topik.

     Untuk menghormati kecerdasan dan gaya pembelajaran anak tidak berarti kita harus menjauhkan diri dari membantu anak untuk menguasai keterampilan tertentu. Hampir segala sesuatu dapat diajarkan kepada anak dengan cara yang sesuai dengan suatu kecerdasan khusus.Dengan mengenali dan merespon kecerdasan dan gaya pembelajaran anak maka kita bisa membantunya memasuki dunia sesuai dengan kemampuannya dan juga dapat menggunakan kelebihannya serta melatihnya untuk menguasai keterampilan- keterampilan baru yang tidak akan membuat anak frusrasi. Dengan cara ini dapat membantu seorang anak mengembangkan kecintaan belajar seumur hidup.
   
     Jadi untuk para guru dan orang tua yang ingin anak-anaknya bisa belajar sesuai dengan kemampuannya bisa mencoba mengenali kecerdasan dan gaya pembelajaran anak-anak kita sedari dini.

Bagaimana mengatasi anak yang bandel?

'' Bandel '' adalah pertanda bahwa seseorang membutuhkan perhatian.dan kita ortu harus intropeksi diri, apa yang terjadi pada anak. Mengurungnya, memukulnya (KDRT !), memberinya hukuman TIDAK AKAN BERGUNA.

     Tetapi memperbaikinya dengan melihat apa kebutuhannya, apa yg membuat seorang anak menjadi demikian merupakan solusi yg terbaik.

    Berbicaralah dan gunakan alat komunikasi bahasa, itu yang paling mampu. Bagaimanapun biasakan seorang anak mempertanggung jawabkan perbuatannya dengan penjelasan dari anak sendiri mengapa ia lakukan itu. Dan kita sebagai orang tua berusaha menjadi pendengar yg seksama dengan kesiapan mengarahkan kearah yg benar.

    Bandel jangan dilawan dengan kekerasan, sebab kita tidak akan memetik hasilnya, malah sebaliknya kita akan kecewa, karena kita telah mengubah seorang anak yg bandel menjadi monster yg lebih jahat lagi.

Anak dan Era Globalisasi

      Perkembangan dunia teknologi khususnya komunikasi tentunya telah banyak membantu berjuta-juta penduduk dunia untuk saling terhubung antara yang satu dengan yang lainnya. Bahkan semakin lama, kita dapat berkomunikasi dengan teman, keluarga maupun relasi bisnis kita dengan harga yang murah dan dengan kualitas yang cenderung meningkat.

        Namun teknologi ini untuk sebagian orang justru memberikan dampak negatif terhadap kualitas dari hubungan yang mereka jalin. Bagaimana tidak, belakangan ini masyarakat terutama anak-anak lebih nyaman mengumpulkan teman-teman mereka di dunia maya daripada aktif pada kegiatan-kegiatan organisasi yang dapat memberikan kualitas hubungan pertemanan.

        Ambil saja facebook sebagai cotoh kasusnya. Banyak anak yang memiliki ratusan atau bahkan ribuan teman di facebook tapi di dunia nyata, mereka hanya memiliki beberapa orang teman dekat yang menemani keseharian mereka. Inilah salah satu dampak negatif facebook yang sampai sekarang mungkin belum disadari oleh beberapa orang tua. Mereka telah kehilangan kemampuan untuk berbaur dengan masyarakat dan cenderung nyaman dengan kehidupan dunia maya. Padahal jika terjadi suatu hal pada kehidupan kita, yang bisa membantu kita bukanlah orang-orang yang mereka kenal di dunia maya tapi orang-orang yang hidup disekitar kita.

       Oleh karena itu, mari kita imbangi kehidupan aktif kita didunia maya dengan menjalin hubungan dan komunikasi yang intents dengan masyarakat yang ada disekitar kita. Dengan demikian kita tidak akan terkotak-kotakkan oleh hubungan yang sempit dan kita tidak akan kehilangan kemampuan berkomunikasi dengan yang lain.

       Saya akan memberikan dua tips untuk memanfaatkan teknologi sehingga kita mendapatkan sebuah kualitas hubungan yang baik dengan teman-teman kita. Berikut adalah tipsnya :

1.) Gunakan teknologi yang mereka kuasai untuk menjalin hubungan yang lebih akrab dengan teman atau orang-orang yang sebelumnya telah anda kenal didunia nyata. Jangan terobsesi untuk mencari teman-teman baru di Facebook, twitter, atau jejaring sosial yang lain karena kecenderungan yang terjadi, mereka yang hanya anda kenal didunia maya tidak akan memberikan nilai persahabatan yang atau saling men-support antara satu dan yang lain didunia nyata.

2.) Jika anak ingin mencari teman-teman yang baru didunia maya, carilah komunitas-komunitas positif yang sering melakukan pertemuan didunia nyata. Komunitas seperti inilah yang benar-benar akan mengasah kemampuan komunikasi anda karena komunitas-komunitas ini seringkali memberikan kita inspirasi dan dukungan yang optimal pada kehidupan anda.

Create your own banner at mybannermaker.com! 

     Tepat pada hari ini tanggal 23 April 2011 saya mengucapkan selamat ulang tahun kepada isteri tercinta dari Arief Bayu Saputra. Semoga panjang umur, sehat selalu, dan segera menjalani persalinan dengan selamat dan mendapatkan seorang bayi yang sehat dan menjadi anak yang sholeh.


    Untuk keluarga Arief yang masih muda ini, saya juga memberikan sedikit tips-tips seperti yang telah saya buat sebelumnya untuk menjadi pedoman apabila anak kalian telah hadir ke dunia ini. Dan ini pulalah sedikit yang dapat saya berikan karena semua yang saya buat sebelumnya sudah pernah saya jalani dalam mengajari putra saya disaat ia masih berusia 2,5 tahun.Dan alhamdulillah sampai saat ini putera saya sudah berumur 14 setengah tahun dan menjadi anak yang dapat dibanggakan dan lebih utama menjadi anak yang sholeh dan taat pada Allah SWT dan juga kedua orang tuanya. Dan saya berharap suatu saat kalian akan menjadi orang tua yang lebih baik lagi daripada saya dalam mendidik anak kalian.

Artikel ini aku sertakan dalam  April-Mei Bayu Family Berbagi yang diselenggarakan dalam rangka ulang tahun istrinya yang ke 20.

29 komentar:

  1. bagus tips ni, InsyaAllah, di praktikkan nanti buat anak2, salam dr malaysia

    BalasHapus
  2. @ Salam kenal....terima kasih sudah sudi berkunjung dan follow aku....

    Moga bermanfaat dan selamat mencoba...

    BalasHapus
  3. Ibu ... yang baik banget nich bisa mengenal bbp kecerdasan anak... Makasih ya infonya ...
    Smg menang ya dalam acara give away nya...

    BalasHapus
  4. Sip... bagus banget bun saya simpen bun filenya........ :) terima kasih partisipasinya....salut saya sama bunda, ....:)

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum Bu,
    semoga kebaikan ini menjadi amalan bagi Bunda dan menjadi pelajaran berharga untuk keluarga mas Arief. Karena tiada harta yang terindah jika memiliki anak yang sholeh/sholiha, karena dengan itu hidup serasa di surga. Teladan orang tua adalah hal yang utama dalam mengantarkan anak menuju kedewasaannya dengan meningkatkan kecerdasan spirutual, maka kecerdasan lainnya Insya Alloh akan mengikuti.

    BalasHapus
  6. banyak sekali kontes bagus, selamat atas ikut sertanya bunda. dan untuk anak bandel saya pikir mereka anak yang jenius. kalo salah penanganan akibatnya lebih parah dari anak yang biasa saja

    BalasHapus
  7. hoho....puanjang en komplit Bund..... bisa jadi referensi buat besok kalo dah punya anak.hehe

    BalasHapus
  8. wah... bagus banget...bisa buat pegangan buat para calon orangtua

    BalasHapus
  9. @ Haryanti : Amin..Thank yan....moga bermanfaat..

    @Arief :silahkan....moga gak mengecewakan....salam utk istrimu...mat Ultah ya..

    @Djangan Pakies:Amin...InsyaAllah...

    @Muhammad Vip:ya..maka dari itu kita benar2 tanggap dg anak kita...

    @ Aina:Amin...semoga berguna jg utk keluargamu..

    BalasHapus
  10. @Musyafak : salam kenal..thank sudah mampir..

    BalasHapus
  11. Selamat ultah untuk temannya ya

    BalasHapus
  12. Subhanallah...bagus banget bunda :) Senang bisa kenal bunda disini, semoga menjadi persaudaraan yang penuh barokah....kutinggalkan jejakku disini. Sekali lagi thanks ya Bunda Strowbery...Bunda Loving maksudnya :)

    BalasHapus
  13. Hadiah ulang tahun untuk istri mas Arif yang sangat berguna dan tepat , karena sambil menunggu kelahiran buah cintanya (maaf klo salah, seingatku gitu)

    klo baca 8 kecerdasan, siapa ya yang dianugerahi multi talenta ini ?

    salam BW Bun.

    BalasHapus
  14. Bagusnya Bun
    8 kecerdasan menyadarkan saya siswa tidak harus pinter matematika, karena kecerdasannya lain.
    Ada juga motivasi dalam memperhatikan anak bandel
    Ada juga hadiah Ultah untuk sahabat Blogger Arif.

    Sukses Bun dan salam kenal

    BalasHapus
  15. @Lidya : thank....

    @Yunda H:Salam kenal kembali mbak ...makasih sdh sudi mampir...moga kita sama2 saling bersilaturahmi disini....

    @Nyach :makasih sdh berkunjung....

    @Info math:Salam kenal kembali.....

    BalasHapus
  16. waah ikutan kontes giveawaynya Arief Flash ya Bun?. Smoga artikel ini menjadi pedoman untuk medidik anak deh.

    iya, emang kecerdasan itu tidak hanya satu sisi, mengembangkan keseluruhannya dengan seimbang lah yang jadi tugas orang tua kepada anaknya.

    BalasHapus
  17. Kunjugan pagi-pagi Bunda, spesial saya kirimkan doa khusus kepada anaknya yang hari ini melaksanakan UN SMP... Smoga diberikan kelancaran, kemudahan dan keberhasilan...
    Salam ukhuwah...!

    BalasHapus
  18. Tips2 yang bagus bun...
    Kuenya jadi pengen....sukses ya bun, saya mau ikutan juga bun..tapi blm sempat posting

    BalasHapus
  19. makasi tips dan infona bunda

    BalasHapus
  20. wah,sukses ya bunda untuk giveawaynya:)

    BalasHapus
  21. @Gaphe:Moga bermanfaat utk keluargamu nanti..
    ( jadi.....Kapan dong???)

    @Mas Odjie:Amin.....makasih doanya
    Salam kenal...dan makasih sudah mampir

    @IbuDini:aku tunggu nih postinganmu.....

    @IbuDzakyFai: moga berguna utk lebih memperhatikan anak2...

    @Nova M: thank.....doain menang ya

    BalasHapus
  22. Bun, artikelnya menarik sekali, dan kuenya cantik banget! hehehe...
    Tips2 ini aku save utk pribadi yah Bun... makasih share nya... dan semoga menang .. sip!

    BalasHapus
  23. semoga persalinannya nanti lancar. terus anaknya jadi berguna dan keluarga makin awet. :)

    BalasHapus
  24. selamat sore bunda, saya belum punya anak ini.

    BalasHapus
  25. Kunjungan perdana
    Salam kenal bun..

    Wah..atikelnya komplit..jadi minder saya ikutan giveaway nya mas Arief :">

    Ow y..sekalian izin follow ya bun :)

    BalasHapus
  26. @lyliana : silahkan di save....doain menang ya..

    @Tukang colong:Amien...

    @M.A.Vip : semoga dpt jodoh dan mendapat momongan

    @Irly: Salam kenal juga....makasih sdh sudi mampir dan follow bunda...
    kenapa harus minder...ayo coba ikutan, agar bisa meramaikan giveaway arif..

    @Nova M: Ok....ditunggu

    BalasHapus
  27. salam sobat
    saya juga mengucapkan selamat ULTAH
    semoga segala yang dicita-citakan dikabulkan oleh Allah swt.

    BalasHapus
  28. @ Nura : Malam mbak....doain menang ya....

    BalasHapus

Terima kasih atas kujungannya......