Senin, 18 April 2011

Kota Bengkulu Tempat Tinggalku (PR kedua dari Haryanti Sukma)

   

    Ya Tuhan, kenapa ya hari minggu ini  aku dapat  PR lagi dari ibu guru Haryanti Sukma. Karena aku pernah berbuat salah padanya, maka sekarang aku dapat hukuman harus ngerjain tugas baru  yaitu membuat postingan tempat-tempat wisata sekalian kuliner yang ada di daerah tempat tinggalku. Duh, sepertinya tugas ini sangat berat bagiku apalagi aku kan sudah menyogok bu guru yang imut ini dengan buah strawberry dalam awardku. Tapi gak apa-apalah, semua tugas yang telah diberikan padaku,  dengan senang hati akan aku kerjakan dengan sebaik-baiknya. Dan berhubung aku bukanlah seorang penduduk yang asli hidup dikotaku ini, maka aku akan bercerita atau mencoba memberikan sedikit tentang apa saja yang terdapat di kotaku ini.



       Aku adalah seorang perantau yang mencari hidup dikota ini. Kotaku adalah Kota Bengkulu, kota ini tidaklah terlalu besar, tapi kehidupan disini masih penuh dengan kekeluargaan dan tidaklah begitu banyak penduduknya,tidak seperti kota Jakarta tempat pertama kali aku berada sebelum  hijrah ke Bengkulu. Disini aku akan mencoba memberikan sedikit yang aku ketahui mengenai tentang apa saja yang  terdapat di kota ini. Pertama-tama sekali aku akan mencoba menerangi tentang laut, mungkin disinilah tempat yang paling aku sukai di kotaku ini.  Laut disini banyak sekali namanya,yaitu :

1) Pantai Panjang
Pantai Panjang merupakan obyek wisata pantai yang cukup terkenal di Propinsi Bengkulu, selain Pantai Tapak Padri, Pantai Pasir Putih, dan Pantai Humo. Mengapa disebut Pantai Panjang? Karena garis pantainya yang cukup panjang, yaitu sekitar 7 km. Selain itu, jarak antara garis pasang dan garis surutnya juga panjang, jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya, yaitu sekitar 500 m. Hal ini dikarenakan pantai ini tidak memiliki karang. Jadi, ketika terjadi air pasang, jangkauan airnya dapat naik jauh.

B. Keistimewaan

    Kondisi pantainya yang landai, airnya yang bersih, serta hamparan pasir putihnya yang luas, merupakan daya tarik tersendiri dari obyek wisata Pantai Panjang. Dengan kondisi pantai seperti itu, pengunjung dapat mandi sepuasnya sambil menikmati semilir angin pantai yang masih bersih dan sejuk karena pantai ini jauh dari area perindustrian.

     Selain itu, banyaknya pohon cemara yang tumbuh di sekitar pantai ini juga merupakan keunikan tersendiri yang mungkin tidak dimiliki oleh pantai-pantai lainnya. Sebab, secara umum, pohon yang biasanya tumbuh di daerah pantai adalah pohon kelapa, dan ini tidak dijumpai di Pantai Panjang.





Ombak Pantai Panjang yang mengagumkan

Di Pantai Panjang ada banyak delman yang dapat disewa untuk berkeliling melihat keindahan pantai panjang.
2.) Pantai Tapak Paderi
    Pantai Tapak Paderi memiliki pesona alam yang luar bisa, terutama pada saat matahari terbenam. Kita dapat menikmati suasana sunset yang romantis sambil menikmati jajanan jagung bakar. Anda juga dapat menikmati pemandangan di sekitar pantai dari tengah danau buatan yang terletak di pinggir pantai dengan menggunakan perahu yang berbentuk hewan seperti bebek dan singa laut.
Mainan anak-anak di tapak paderi

Danau buatan di Tapak Paderi

Panorama keindahan pantai Tapak Paderi


Kelebihan Pantai Tapak Paderi Bengkulu:

1. Memiliki panorama alam yang luar biasa

2. Merupakan objek wisata yang penuh dengan sejarah masa lalu karena di daerah pantai ini memiliki banyak cerita masa penjajahan terutama masa penjajahan Inggris.

3. Terletak tidak jauh dari pusat Kota Bengkulu.

4. Berada di lokasi yang strategis baik dari jalur darat maupun laut serta terhubung langsung dengan Pantai Panjang dan Pantai Zakat Bengkulu.

3. Pantai Zakat
Pantai Zakat (Jakat) Bengkulu, terletak sekitar 2 kilometer dari pusat Kota Bengkulu,berdekatan dengan Benteng Marlborough dan Pantai Tapak Paderi. Keindahan alam Pantai Jakat tidak kalah jika dibandingkan dengan Pantai Panjang dan Pantai Tapak Padri Bengkulu.

Di Pantai Jakat, wisatawan dapat menikmati keindahan pantai yang masih terjaga dan tidak tercemar. Pantai Jakat merupakan pantai yang relatif aman bagi pengunjung untuk mandi dan berenang di pantai. Anda juga dapat menikmati pemandangan alam yang sangat indah saat sunset menghampiri Kota Bengkulu.

Aku sedang di pantai Zakat (Jakat) Setelah jogging pagi di hari Minggu

Matahari mau naik di pantai Jakat

     Selain dapat menikmati keindahan alam Pantai Jakat, pengunjung juga dimanjakan dengan fasilitas lain yang dapat menghibur pengunjung seperti adanya penyewaan jet ski, permainan banana boat, penyewaan ban pelampung dan outbond. Pengunjung juga dapat bermain papan selancar dan surfing di pantai ini.

     Sepanjang jalan di Pantai Jakat, banyak penjual jagung dan pisang bakar serta berbagai aneka gorengan hasil laut khas Bengkulu yang akan memanjakan selera kuliner Anda. Masyarakat sekitar Pantai Jakat juga menjual hasil tangkapan laut mereka disini.

     Jika teman-teman berkunjung ke Kota Bengkulu, jangan lewatkan Pantai Jakat sebagai tujuan wisata teman-teman. Rasakan keindahan alamnya.

Kelebihan:

- Keindahan alam yang luar biasa.

- Pantai relatif aman untuk mandi dan berenang.

- Memiliki fasilitas permainan banana boat, jet ski, dan outbond.


      Sebenarnya masih banyak lagi tempat-tempat wisata di Kota Bengkulu, seperti benteng Marlborough, rumah kediaman Soekarno, dan rumah kediaman Fatmawati Soekarno dan yang lainnya (cukup kulampirkan dalam foto aja ya).


Benteng Marlborough tampak dari atas yang menyerupai bentuk kura-kura

Pintu gerbang benteng Marlborough

Rumah kediaman Soekarno saat ia diasingkan di Bengkulu

Rumah kediaman Fatmawati Soekarno


    Sesuai keinginan Bu Guru Yanti yang menyuruh menceritakan tentang wisata kuliner yang ada di tempat tinggalku. Yang mana wisata kuliner itu sendiri adalah sebagai berikut:
1. Ikan Pais > adalah ikan pepes yang dibuat dari ikan gebu atau ikan buli yang banyak terdapat di laut Bengkulu. Ikan pais ini biasanya dimakan dengan nasi panas. Ikan ini juga banyak ragamnya seperti di gambar

Ikan Pais Tempoyak


Ikan pais sambal goreng


Ikan pais lemang

2. Tekwan > adalah makanan yang hampir sama dengan bakso. Tapi ini terdiri dari bakso ikan, sohun, bengkoang, dan jamur kuping.



3. Perut Punai > Sebetulnya ini hampir mirip sih dengan makanan yang ada di kampungku (Padang). Ini adalah makanan yang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan gula merah dan rasanya keras dan manis.


4. Lempuk (dodol) durian > dodol ini terbuat dari durian asli yang ditambah dengan gula pasir.


Inilah wisata kuliner yang terdapat di Kota Bengkulu (yang aku ketahui). Sebetulnya banyak lagi wisata kuliner di Provinsi Bengkulu ini dan berasal dari kabupaten-kabupaten di sini seperti Pendap, Lemah, Rebung Asam, Pokak, Tempoyak, dan Manisan Terong.

Inilah sedikit yang aku ketahui tentang wisata dan makanan yang terdapat di kota yang kutempati sekarang. Dan aku mohon maaf apabila ada kesalahan dari apa yang aku buat ini. Maklumlah, aku bukanlah berasal dari daerah ini. Dan semoga ibu Guru Yanti tidak akan menghukum aku dengan memberikan PR-PR lagi.

Oh, iya, berhubung aku juga kurang tahu dengan kota yang ditempati oleh Haryanti Sukma saat ini, maka aku juga ingin agar yanti bersedia untuk bercerita padaku, tentang wisata yang ada dikotanya serta wisata kulinernya. Gimana teman-teman? Setuju chan?

39 komentar:

  1. wah ternyata kota bengkulu tdk kalah dari kota2 lainya. Sama kaya jakarta atau surabaya cuma di situ kayanya lbh asri dan bersih mungkin karena jauh dari pusat industri hehehe.. Gambar makananya bikin lidah minta goyang haha..

    BalasHapus
  2. Pagi yayack...
    benar banget di daerah ini gak ada pabrik...

    BalasHapus
  3. Wahhh ternyata pantainya banyak ya bun...saya suka pantai bun.

    Dan yang paling saya suka dodolnya bun...hmm yummy, jadi pengennnnnnn

    Saya kalau lebaran baru bisa pesan dodol bun karna di kampungku ada orang khusus yang buat untuk pemesan dan dodolnya itu enak banget bun.

    BalasHapus
  4. Wah indah sekali tempat tinggalnya, Bunda...
    Pohon cemara di pantai? Nah ini objek wisata must-see.. unik sekali...
    Dan mau tanya, kenapa yah dinamai Pantai Zakat...?
    Apa krn banyak org berzakat disana? hehe...
    Either way, pantainya emang indah2 banget... Pengen kesana... Trus masakan khas sana pedas nggak Bunda? Keliatannya enak sekali...

    BalasHapus
  5. Bagus banget kelihatanya juga enak makanannya... bisa dicoba nanti saat sudah kerja..... makasih infonya... top buat daerahmu... Indonesia Indah

    BalasHapus
  6. Wahkota bengkul;u indah banget pariwisatanya, kulinernya kayaknya juga enak....:)

    BalasHapus
  7. saya belum pernah nyebrang ke Sumatra Bu, jadi belum pernah ke Bengkulu. Kalo melihat pantainya rasanya ingin juga ke sana, di dareah saya pantainya jelek. pantai utara pasirnya tidak putih dan kotor. kulinernya juga tidak semeriah di tempat2 lain.
    saya follow juga bu.

    BalasHapus
  8. nama pantainya unik ya bun, jakat. agak mirip sama kata 'zakat'.

    wah..ternyata bengkulu keren ya

    BalasHapus
  9. @IbDini:iya Mul disini klu mau jln aja..pasti deh disamping jalan pantainya kelihatan banget....
    tapi klu ingat gempa dan mau tsunami...was-was juga lho......


    @Cay's :Thank...silakan berkunjung..

    BalasHapus
  10. murid yang baik dan pintar .... PR nya langsung dikumpulkan ... bagus banget ... lengkap sesuai dgn PR nya.

    Loh ...kok balik kasih PR ke Bu Gurunnya ... Aku usaha khan dech, tapi berhubung lagi UN aku lagi kosent ke siswa ku dulu ya, aku harus trus memantau mereka, jadi harus trus telp atau sms mereka, atau menyediakan waktu khusus buat mereka berkeluh kesah, aku mereka skrg mereka lagi tertekan, jadi aku harus suport mereka trus nih, sptnya gak langsung kumpul nich. Ini nyemaptin lihat koment masuk aja loh

    BalasHapus
  11. @Lyliana: ayoo dong main ke bkl...asyik deh kalo marathon pagi menyusuri pantai dan jlan di lindungi pohon2 cemara...

    duh apa mksud pantai zakat...bunda gak ngerti jg tuh...

    BalasHapus
  12. @Arief :benar banget rif...sayang aja kurang promosi dr pemerintahan...

    @Muhammad A vip: makasih udh follow bunda...sayang banget ya kamu blum pernah ke Sumatera...padahal aku sering lho ke depok...tp yg asyik disana kan bnyk kereta hehehe

    @wits:beda dari yang lain ya wits...

    BalasHapus
  13. okelah kalau begitu,, aku juga gak maksa kok...
    duh, senengnya kalau ical punya guru kayak kamu.... aku do'ain deh, semua murid-muridmu lulus 100%,, n jangan lupa doain ical juga ya.... minggu depan kan giliran ia yang UN....

    BalasHapus
  14. dari PR ini jadi bisa kasih info keteman2 bukan mengenai bengkulu

    BalasHapus
  15. Indah banget pantai2nya Bunda......Kulinernya juga menggiurkan .....

    BalasHapus
  16. Bunda.. makasih atas pencerahan ttg wisata & kuliner Bengkulu.. jadi tambah semangat pengen eksplorasi, moga2 ada rejeki bisa kesana..

    salam kenal :)

    BalasHapus
  17. wah.... langsung jatuh cinta ama Pantai Panjang...indah bangettttt...... kalo di deket tempat saya adanya Pulau Panjang Bund....

    BalasHapus
  18. Bunda, aku belum pernah ke Bengkulu.mau donk diajak ke Bengkulu sama bunda,hehhe:P

    BalasHapus
  19. huaaa, bund..

    keren banged pantai nyaa..

    jadi pengen backpackeran ke bengkulu niih.. :D

    hm, kalau air terjunnya ada gak bund yang terkenal di bengkulu ? :)

    BalasHapus
  20. hadir di bunda, sudah difollow bunda, saya suka pantai panjang bunda, pantai bagus apalagi untuk objek wisata, nice post dan kren bunda

    BalasHapus
  21. buru-buru dimasukkan ke place-list saya buat dikunjungi. hahaha.. secara saya belom pernah ke bengkulu, jadi pengeen banget kesana setelah lihat pantai dan bentengnya. iya kayaknya, kalo belom ke fort malborough belom ke bengkulu.. hemm.. soal kuliner, ampun deeh.. menggoda iman sekali itu foto ikan tempoyaknya. aih, sambel duren yang mantab jaya..
    jadi nggak sabar pengen kesana. *buru-buru doa

    BalasHapus
  22. hmmm perut punai, saya dulu pernah dianterin tetangga sebelah dari sumatera... enak banget tuh...
    hehehehe

    BalasHapus
  23. @IbuDzakyFai : benar banget mbak...semoga bisa main kesini...

    @hilsya:makasih ya sdh berkunjung kermhku..
    Bunda tunggu kedatangannya..semoga rezeky bertambah..jd bs liburan kesini..

    @Aina:pasti jg cantik ya pulaunya......apa benar pulaunya panjang...

    @Nova: ayo..liburan ketempat bunda ya...

    BalasHapus
  24. @Tika Y: silakan berkunjung ke bkl..

    air tejun ada lho..tp agak jauh dari kota tmpat tinggalku...(Curup namanya)..disana ada gunung dan air terjun yg indah dan juga ada sumber air panas lho..

    @@ asuransioke:makasih ya....apa kamu sdh ke bkl ya..

    BalasHapus
  25. pantainya indah banget bukkkk. dan panjaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang banget! trus ikan bersambelnya bikin nelen lidah *glek

    BalasHapus
  26. Subhanallah bun... ternyata pantai2 di bengkulu luar biasa cantiknya... kereennn!!
    Ini komplit banget bun, jd bikin penasaran pengen jalan ke sana, mudah2an ada langkah ya bund... :)

    gak percuma dikasi PR, keren gini hasilnya, pasti sebelum2nya bunda gak kepikiran posting ginian ya bund? #sok tau neh liza

    BalasHapus
  27. @Tika Y:ya..makanya klu liburan coba gantian ke bkl aja...he he

    air terjun bnyk sih,tp agak jauh dari kota (curup bana daerahnya)..wah lebih keren lg tuh..krn ada pemandian air panas..lgsng dr gunung...

    @asuransioke:makasih ya sdh difollow.

    @gaphe: Amin..aku jd punya usul..coba deh kali ini kamu touringnya kesini...murah kok biayanya...hehehe

    @Mas adji: ya meski agak keras..tp enak buat cemilan lho...thank, sdh berkunjung..

    BalasHapus
  28. @Tukang Colong :gak kalah Bali kan ???

    @Zasachi:Benar banget tuh..coba dari dulu buat postingan ini... Ditunggu kedatangannya..

    BalasHapus
  29. pantainya bersih, beda dgn pantai jakarta

    BalasHapus
  30. Bengkulu kota yg indah :D. Jadi kepingin kesn & makan ikan pais sambal gorengnya sptnya yummy.

    BalasHapus
  31. Assalamu'alaikum Bunda,
    sepertinya ini kunjungan pertama saya ke sini semoga menjadi awal silaturrahim berikutnya.
    Kunjungan pertama langsung mendapat sajian yang sangat komplit menggambarkan keindahan Bengkulu, alamnya juga kulinernya.
    Semoga suatu saat bisa mengunjungi tempat-tempat yang subhanalloh sangat indah

    BalasHapus
  32. wah.. ternyata pantaimya beragam juga yaw...
    kaya di indramayu ja :)
    dah gitu da dodolnya lagi...

    BalasHapus
  33. liat post ibu ini aku jadi laper He2

    BalasHapus
  34. @ Alhamdulillah..kedatangan tamu ....
    selamat datang disini...semoga berkunjung benaran di kotaku...

    @ Em Farobi:salam kenal...makasih sudah berkunjung

    @insan : ayoo klu laper kemari...makan siang...

    BalasHapus
  35. @ Amy: thank...silahkan datang utk mencicipinya..

    @r10: he he...jauh banget..disini ada lho dibagian pasir putihnya....pasirnya putih banget dan airnya bening banget..jadi kelihatan sekali baru2 karang dan ubur2nya..

    BalasHapus
  36. wah pantaina bgus n juga makananna enak tuh :(
    jdi laper

    BalasHapus
  37. waaah! Kota bengkulu indah ya, jadi kepengen kesana apalagi lihat gambar makanannya uuh...pengen goyang rasanya lidah saya. O iya bunda, ada award bagus untuk Bunda loving. Silakan diambil ya bun award dari saya. Trims

    BalasHapus
  38. @ Kak Zein: ayo,silakan mampir..agar bis lihat dari dekat...

    Terima kasih ya..akhirnya aku dapat juga award bunga ros pink itu...pasti deh langsung aku ambil

    @ Aciid!!!: hemmmm......

    BalasHapus
  39. Ikan Paisnya menggoda selera nih,bunda..hmm..kapan ya bisa ke sana...

    BalasHapus

Terima kasih atas kujungannya......