Jumat, 08 April 2011

Akhir dari Zikir Pembuka Pintu - Pintu Langit

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
     Bismillahirrohmanirrohim.Pertama-tama aku mohon maaf karena minggu kemaren tidak dapat melanjutkan pengajian tentang Zikir Pembuka Pintu-Pintu Langit, karena ustad yang memberikan tauziah itu tidak dapat hadir. Maka dari itu, sekarang aku kembali dapat melanjutkannya. Dan untuk mengingatkan kembali kajian kita beberapa minggu yang lalu,maka dari itu aku akan mencoba mengingatkan nya :

*  Bagian Pertama : Istighfar Anggota Tujuh dan Shalawat Nabi
*  Bagian Kedua     : Sahadatin
*  Bagian Ketiga     : Bismillahirrohmanirrohim.

Bagian keempat adalah : Membedah Zikir Empat.


     Yang pertama kali di jadikan Allah adalah " NUR MUHAMMAD ".Dan karena itulah Allah mulai menciptakan yang lain-lainnya termasuk Manusia. Dan dalam hal ini ternyata banyak juga di antara para ulama berpendapat kalau yang pertama kali dijadikan Allah, bukanlah nur Muhammad tapi disebut " Kalam" dan setelah itu Allahpun menciptakan "Luh Mahfudz" yang terbuat dari mutiara yang  putih. Maksudnya Kalam adalah untuk mencatat apa-apa yang dijadikan oleh Allah, sedangkan Luh Mahfudz adalah sebagai tempat untuk menyimpan perbendaharaan ciptaan Allah. Disini Allah pun menciptakan berbagai macam cahaya seperti cahaya hijau,kuning,merah dan cahaya putih. Dan dari semua cahaya-cahaya itu terdapat pula cahaya diatas segala cahaya, yang maksudnya timbulnya cahaya siang yang dapat menyinari sekalian isi alam.

     Allah juga menjadikan sinar atau cahaya itu lebih dari tujuh puluh ribu juta tingkat dan tidak ada satu tingkatpun yang tidak berzikir menuju kebesaran Allah.Dan Allah juga menciptakan empat perkara dengan tangannya / kekuasaan Nya yaitu :
     1). Nabi Adam AS.
     2). Arsy.
     3). Qalam
     4). Surga Adnin
Dan menciptakan semua makhluk lainnya, seperti firman-Nya : " Jadilah engkau, maka diapun jadi ".(HR. Abu Syaik dari Hammad dari Umar radhiyallaahu ' anhumaa).

Bagian Ke Lima : yaitu Zikir Empat Membuka Gerbang Makrifat.
   
     1. Subhaanallah, yang artinya Maha Suci Allah.
     2. Alhamdulillah., yang artinya Segala Puji bagi Allah.
     3. Laailaaha Illallaahu, yang artinya Tiada Tuhan Selain Allah
     4. Allaahu Akbar, yang artinya Allah Maha Besar.

       Empat kalimat suci diatas sangat dikenal, dan selalu dijadikan wirid ketika selesai shalat. Dan dalam kalimat zikir ini juga berarti Kebagusan, Kelebihan, Keagungan dan Ketinggian. Ucapan dari keempat kalimat diatas sangat disukai oleh Allah SWT, dan tidak ada salahnya dari mana saja kita dapat memulainya.
Seringkali orang bisa memenuhi kebutuhan jasmaninya berlebihan, sedangkan rohaninya terabaikan. Padahal beban rohani sangatlah berat, dan rohani hanya menampung hampir seluruh persoalan dunia ini saja.Dan apabila tidak kuat orang akan dapat terguncang, stress, gila bahkan bisa mati mendadak. Rohani perlu diberi makan sekenyang-kenyangnya agar aura kerohanian dapat terpancar didalam wajah kehidupan.
Makanan Rohani itu adalah Kalimat-Kalimat Zikir , seperti Kalimat :

1.  "SUBHAANALLAH " : " Maha Suci Allah ".
     Orang yang membaca kalimat ini hatinya akan menjadi terang benderang

2.  "ALHAMDULILLAH" : " Segala Puji Bagi Allah "
    Alhamdulillah adalah kalimat kedua zikir bagi para malaikat penjujung Aras dan juga terdapat pula zikir kepada Tuhan mohon tambahan ( Anugerah ),karena " Alhamdulillah adalah pokok syukur terima kasih ( kepada Allah ), maka tidak dianggap bersyukur kepada Allah bila seorang hambanya ada yang belum memuji kepada-Nya dengan membaca " Alhamdulillah". Betapa banyaknya  nikmat yang telah diberikan Allah kepada kita, tetapi kebanyakan manusia tidak mensyukurinya. Manusia cuma bisa menuntut kenikmatan, bila sedikit saja Allah menegurnya, maka ia akan mengeluh. Padahal dalam hal mandi pagi saja, apa pernah kita bersyukur mengucapkan Alhamdulillah ketika air mengguyuri tubuh kita yang mendatangi kesegaran yang sangat luar biasa ? Alhamdulillah bukan saja sebagai ucapan rasa syukur, tetapi kalimat ini juga sangat baik untuk makanan jantung kita, karena Jantung sebagai pengatur aliran darah yang sampai pada tingkat paling rumit di syaraf-syaraf otak juga buat melapangkan dada dan jalan hidup yang di rahmatkan Allah.

3.  "LAA ILAAHA ILLALLAAHU" : "Tiada Tuhan selain Allah". 
      Ini termasuk zikir yang paling utama karena didalamnya terdapat satu pengertian yang tidak terdapat pada zikir lainnya, yaitu pengertian menetapkan sifat-sifat ke- Tuhanan bagi Allah, serta tidak memberikan sifat-sifat ke- Tuhanan kepada selain Allah. Kalimat ini disebut juga dengan kalimat Tauhid. Dimana dalam kalimat ini terdapat 3 unsur kekuatan. Yaitu dapat menimbulkan ketenangan, kemantapan, keyakinan diri yang sangat tinggi.

4. "ALLAHU AKBAR" : "Allah Maha Besar".
     Kalimat akbar ini mampu membangkitkan semangat beribu-ribu orang, dan menjadikan kalimat ini sebagai amalan sehari-hari. Allahu Akbar adalah kalimat zikir yang menjadi makanan usus, maksudnya, usus sangat berfungsi sebagai penghancur semua makan  yang masuk dari mulut. Dan wajar bila selalu diberi makanan dengan kalimat Allahu Akbar.

     Dengan mengucapkan syukur kehadirat Allah S.W.T, akhirnya aku dapat juga menyelesaikan tugasku untuk berbagi kepada saudara-saudara dan sahabat blog-ku mengenai Zikir Pembuka Pintu-Pintu Langit yang mana semua ini kudapati dari hasil pengajian yang telah kuikuti. dan aku sangat berterima kasih kepada Ustad H. M Djamil, S.Ag yang telah memberikan tauziah dan pelajaran yang sangat berguna bagiku. Dan aku mohon maaf jika ada kesalahan dalam membuat postingan ini.

7 komentar:

  1. Nice post ... I like it. Insya Allah akan menjadi amalan sehari-hari.
    Smg dalam keseharian kita tidak lepas dari zikir dab bertasbih pada Nya.

    BalasHapus
  2. InsyaAllah, semoga bisa kita amalin dalam kehidupan sehari2 ya bunda...
    Saling mendoakan, mengingatkan dalam kebenaran dan kesabaran. Amiinn

    BalasHapus
  3. @ Hariyanti S : Amin...thank yan, telah menjadi orang pertama yang berkunjung....

    BalasHapus
  4. wah, syukran jiddan bunda tausiyahnya. sangat bermakna=)

    BalasHapus
  5. zikir memang menyejukkan hati bunda, maklum hidup tak akan pernah lepas dari persoalan, dg zikir, insyaallah hati jadi tenang..

    thanks udah berbagi

    BalasHapus
  6. @ Nova : makasih...moga bermanfaat...

    @ wits: Amin...sama2 wits

    BalasHapus
  7. Kalimat dan kata yang menyejukkan untuk diri kita....
    Singkat namun banyak penuh makna

    BalasHapus

Terima kasih atas kujungannya......